Keren! Siswa Asal Gentan Sukoharjo Raih Medali Perak Olimpiade Internasional

Seorang siswa asal Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Farrel Alfaza Marsetyo meraih medali perak dalam International Biology Olympiad (IBO) 2021.

 Farrel Alfaza Marsetyo (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Farrel Alfaza Marsetyo (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Seorang siswa asal Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Farrel Alfaza Marsetyo meraih medali perak dalam International Biology Olympiad (IBO) 2021 yang diselenggarakan secara virtual dari Portugal, 18-23 Juli 2021 lalu.

Dalam kompetisi internasional tersebut, Farrel yang mewakili MAN Insan Cendekia, Serpong ini mengalahkan ratusan peserta dari 76 negara.

Sebagai delegasi Indonesia, Farrel berjuang bersama tiga rekan lainnya, yakni Nathanael Tjandra, siswa SMAK Calvin DKI Jakarta yang meraih medali emas, Leonard Hartanto Jososudarmo, siswa SMAK Penabur Cirebon yang juga meraih medali perak, serta Nathaniel Teopilus, siswa SMA Kristen Immanuel Pontianak yang meraih medali perunggu.

Baca Juga: Warga Binaan Rutan Boyolali Senang Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

Farrel mengatakan, raihan medali perak ini merupakan kali kedua pada event yang sama pada 2020. “Alhamdulilaah, iya dapat medali perak sesuai dengan harapan, minimal sama dengan perolehan tahun lalu [perak]” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (28/7/2021).

Ia mengatakan, butuh persiapan cukup lama untuk ikut lomba yang diikuti multinegara tersebut. “Sejak tahun lalu saya sudah dihubungi tim olimpiade Indonesia supaya saya ikut lagi tahun ini. Lalu saya persiapkan supaya bisa juara lagi,” imbuh putra pasangan Dwi Marsetyo-Indriati Yuni Astuti tersebut.

Persiapan khusus untuk menghadapi lomba dilakukan intensif selama 3 pekan secara virtual bersama teman delegasi lainnya, dipandu tim khusus olimpiade Indonesia. “Alhamdulilaah persiapan lancar dan pelaksanaan lomba juga lancar. Dan Alhamdulillah juga dapat juara lagi,” imbuh anak pertama dari 4 bersaudara ini.

Sementara itu, saat ditanya tips sukses menembus olimpiade internasional seperti itu, siswa asal Gentan Sukoharjo ini mengatakan jaga tekad dan semangat, jangan pernah bosan belajar. “Dan yang penting juga adalah sering-seringlah meminta doa dan restu orang tua dan guru,” ujar siswa kelahiran Solo yang lulus tahun ini.

Baca Juga: Potret Selvi Ananda Ini Dibilang Mirip Artis Korea, Setuju Lur?

Lalu mengapa Farrel memilih sekolah jauh-jauh di Serpong? Menurutnya, ia ingin melanjutkan ketertarikannya dalam olimpiade yang sudah ia ikuti sejak sekolah di SMP Islam Terpadu (SMP IT) Nur Hidayah, Solo.

“Dulu di SMP Nur Hidayah kan sering ikut olimpiade. Lalu supaya bisa lanjut, saya cari sekolah yang dikenal bagus untuk olimpiade-olimpiade gitu. Lalu saya mendaftar ke sana,” imbuh Farrel yang sudah diterima kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Disebut Candi Asu, Ini Wujud Yoni di Tengah Sawah Klaten Terdampak Tol Solo-Jogja

Objek diduga cagar budaya berupa yoni itu berada tak jauh dari patok kuning yang menjadi titik tengah rencana ruas tol Solo-Jogja.

Karanganyar Naikkan Target Vaksinasi Jadi 10.000 Orang/Hari, Yuk Bisa Yuk!

Keputusan menaikkan sasaran vaksinasi Covid-19 itu diambil berkaitan dengan sejumlah kebijakan pemerintah pusat.

Anak 12 Tahun ke Atas di Sukoharjo Mulai Disasar Vaksinasi Covid-19

Anak usia 12 tahun ke atas di Sukoharjo mulai menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19 seiring bergulirnya PTM di sekolah.

Jadwal Pemadaman Listrik Karanganyar dan Klaten Hari Ini, Rabu (22/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar dan Klaten hari ini, Rabu (22/9/2021) yang berlangsung selama empat dan tujuh jam.

Proyek GOR Indoor Manahan Solo Mandek, Legislator Pertanyakan Kinerja Konsultan Pengawas

Kalangan legislator DPRD Solo menyayangkan pekerjaan proyek pembangunan GOR Indoor Manahan tak selesai dan mempertanyakan kinerja konsultan pengawas.

Kompak, 800 Orang Bergerak Bantu TMMD di Majasto Sukoharjo

Sedikitnya 800 warga berpartisipasi dalam program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD di Desa Majasto, Tawangsari, Sukoharjo.

Populasi Penderita Gagal Ginjal di Soloraya Terus Meningkat, Waspadai Pemicunya!

Jumlah penderita gagal ginjal di Soloraya terus meningkat dari tahun ke tahun yang dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.

GTT Senior Wonogiri Pesimistis Lolos Ujian PPPK, Ini Alasannya

Sejumlah GTT senior di Wonogiri tak yakin bakal lolos ujian kompetensi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

Vaksinasi Covid-19 Baru 45%, Danrem Tetap Yakin Herd Immunity Wonogiri Bisa Terbentuk Oktober

Danrem Warastratama optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Wonogiri bisa digenjot hingga 70% pada Oktober 2021 sehingga herd immunity terbentuk.

Waduh! Sistem Trouble, Sertifikat Vaksin Covid-19 Pelajar Karanganyar Tak Bisa Langsung Tercetak

Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kabupaten Karanganyar sempat terkendala masalah sistem di mana sertifikat tidak bisa langsung tercetak.

Pengelola Mal Soloraya Berharap Anak 12 Tahun ke Bawah Boleh Masuk

Pengelola mal di Soloraya berharap ada kelonggaran terutama untuk anak di bawah 12 tahun boleh masuk mal seiring turunnya kasus Covid-19.

DLH Sragen Teliti Kualitas Air 4 Anak Sungai Bengawan Solo

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sragen meneliti kualitas air empat anak Sungai Bengawan Solo yang melintasi wilayah kota.

PPKM Level 3 di Sukoharjo Masih Berjalan, Operasi Prokes di Gatak Terus Dilakukan

Operasi protokol kesehatan di Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, terus dilakukan oleh aparat setempat. Terlebih, PPKM Level 3 masih diterapkan di Sukoharjo.

Siapa Pun Penguasa Baru Mangkunegaran, Ini Harapan Pegiat Sejarah-Budaya Solo

Pegiat sejarah dan budaya Kota Solo menyampaikan harapannya kepada penerus Mangkunagoro IX sebagai penguasa Pura Mangkunegaran.

Aneh! Yoni di Sawah Dekat Tol Solo-Jogja Klaten Pernah Dipindah, Tapi Balik Lagi..

Yoni di tengah sawah yang hampir kena proyek tol Solo-Jogja di wilayah Keprabon, Polanharjo, Klaten, pernah dipindah ke tempat lain tapi kembali lagi.

Asyik! Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk TSTJ dan Balekambang Solo

Pemkot Solo sudah membolehkan anak usia 12 tahun ke bawah untuk mengunjungi dua objek wisata yang sudah diizinkan buka.