Keren! Siswa Asal Gentan Sukoharjo Raih Medali Perak Olimpiade Internasional

Seorang siswa asal Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Farrel Alfaza Marsetyo meraih medali perak dalam International Biology Olympiad (IBO) 2021.

 Farrel Alfaza Marsetyo (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Farrel Alfaza Marsetyo (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Seorang siswa asal Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Farrel Alfaza Marsetyo meraih medali perak dalam International Biology Olympiad (IBO) 2021 yang diselenggarakan secara virtual dari Portugal, 18-23 Juli 2021 lalu.

Dalam kompetisi internasional tersebut, Farrel yang mewakili MAN Insan Cendekia, Serpong ini mengalahkan ratusan peserta dari 76 negara.

Sebagai delegasi Indonesia, Farrel berjuang bersama tiga rekan lainnya, yakni Nathanael Tjandra, siswa SMAK Calvin DKI Jakarta yang meraih medali emas, Leonard Hartanto Jososudarmo, siswa SMAK Penabur Cirebon yang juga meraih medali perak, serta Nathaniel Teopilus, siswa SMA Kristen Immanuel Pontianak yang meraih medali perunggu.

Baca Juga: Warga Binaan Rutan Boyolali Senang Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

Farrel mengatakan, raihan medali perak ini merupakan kali kedua pada event yang sama pada 2020. “Alhamdulilaah, iya dapat medali perak sesuai dengan harapan, minimal sama dengan perolehan tahun lalu [perak]” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (28/7/2021).

Ia mengatakan, butuh persiapan cukup lama untuk ikut lomba yang diikuti multinegara tersebut. “Sejak tahun lalu saya sudah dihubungi tim olimpiade Indonesia supaya saya ikut lagi tahun ini. Lalu saya persiapkan supaya bisa juara lagi,” imbuh putra pasangan Dwi Marsetyo-Indriati Yuni Astuti tersebut.

Persiapan khusus untuk menghadapi lomba dilakukan intensif selama 3 pekan secara virtual bersama teman delegasi lainnya, dipandu tim khusus olimpiade Indonesia. “Alhamdulilaah persiapan lancar dan pelaksanaan lomba juga lancar. Dan Alhamdulillah juga dapat juara lagi,” imbuh anak pertama dari 4 bersaudara ini.

Sementara itu, saat ditanya tips sukses menembus olimpiade internasional seperti itu, siswa asal Gentan Sukoharjo ini mengatakan jaga tekad dan semangat, jangan pernah bosan belajar. “Dan yang penting juga adalah sering-seringlah meminta doa dan restu orang tua dan guru,” ujar siswa kelahiran Solo yang lulus tahun ini.

Baca Juga: Potret Selvi Ananda Ini Dibilang Mirip Artis Korea, Setuju Lur?

Lalu mengapa Farrel memilih sekolah jauh-jauh di Serpong? Menurutnya, ia ingin melanjutkan ketertarikannya dalam olimpiade yang sudah ia ikuti sejak sekolah di SMP Islam Terpadu (SMP IT) Nur Hidayah, Solo.

“Dulu di SMP Nur Hidayah kan sering ikut olimpiade. Lalu supaya bisa lanjut, saya cari sekolah yang dikenal bagus untuk olimpiade-olimpiade gitu. Lalu saya mendaftar ke sana,” imbuh Farrel yang sudah diterima kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun

Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, Puluhan Los Ludes

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Janglot, Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, pada Sabtu (25/9/2021) pukul 23.20 WIB.

Asale Sendang Bendo Jadi Asal Mula Desa Bendo di Boyolali

Sendang Bendo bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sementara disebut Sendang Bendo, karena di sekitar sendang itu berdiri pohon bendo yang umurnya sudah tua.

Gibran: Random Testing di Solo Lanjut, Klaster PTM Harus Diselidiki

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan random testing swab antigen di sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bakal terus dilakukan.

Terjaring Razia, 29 Motor Knalpot Brong Dibawa ke Satlantas Karanganyar

Sebanyak 29 kendaraan berknalpot brong ditertibkan oleh Satlantas Polres Karanganyar saat Operasi Patuh Candi 2021

Buat Penyuka Pedas, Berani Coba Botok Mercon Mbah Wiro?

WM Bothok Mercon Mbah Wiro di timur Jembatan Gawan perbatasan Tanon-Sidoharjo, Sragen, cukup populer di kalangan pecinta kuliner pedas.

Bimsalabim! Lahan Tidur Di Jangglengan Sukoharjo Disulap Jadi Produktif

Pemerintah Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter mengoptimalkan lahan tidur di sekitar rawa-rawa untuk ditanami holtikultura.

Vaksinasi Tuntas Desa di Karanganyar, 1.000 Warga Jadi Sasaran Di Tuban

Desa Tuban, Gondangrejo menjadi salah satu desa yang mengawali vaksinasi tuntas desa kerjasama Pemkab Karanganyar dan TNI AD.

Masuk Musim Hujan, Dropping Air Bersih di Klaten Kok Jalan Terus?

Penyaluran bantuan air bersih dari BPBD Klaten saat ini masih terus bergulir meski wilayah Kabupaten Bersinar mulai memasuki musim hujan.

Belum Ada Desa Ramah Anak di Karanganyar, Jatipuro Bakal Jadi yang Pertama

Belum ada desa ramah anak dan perempuan di Karanganyar. Namun, Desa Jatipurwo di Kecamatan Jatipuro berencana mendeklarasikan sebagai desa ramah anak dan perempuan dalam waktu dekat.