Tim Semen Gresik yang meraih penghargaan TKMPN 2019. (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO – PT Semen Indonesia atau yang dikenal sebagai PT Semen Gresik sukses meraih lima penghargaan dalam ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) di The Sunan Hotel pada 18-22 November 2019. Adapun lima awards itu terdiri dari tiga kategori Gold dan dua Platinum.

Coorporate Performance Officer Unit Sistem Manajemen Semen Gresik, Rachmad Solikin, mengatakan apa yang diraih Semen Gresik pada ajang TKMPN tahun ini sesuai target. Pada 2018 lalu, Semen Gresik menyabet tiga penghargaan Gold, dua Platinum, dan satu Silver.

“Minimal tahun ini kami yang memberangkatkan lima tim dapat Platinum dan Gold. Tahun lalu kami kirim enam gugus atau tim,” ujarnya, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (22/11/2019) malam.

Lebih lanjut Rachmad Solikin memaparkan lima awards yang dibawa pulang Semen Gresik adalah GKM Strong Crossbar (Platinum), GKM Sumber Angin (Gold), PKM Zora (Gold), GKM Golden Cooler (Platinum), dan SS D'Lia (Gold). Pihaknya memberangkatkan lima tim yang terdiri dari satu tim sistem saran (SS), satu proyek kendali mutu (PKM), dan tiga gugus kendali mutu (GKM).

Adapun pada SS terdiri dari satu hingga dua orang yang memiliki ide memecahkan masalah. Sementara GKM adalah kelompok kecil dengan anggota maksimal lima orang yang bertugas menyelesaikan problem dan memastikan tidak terulang lagi. Sedangkan PKM merupakan lintas unit beberapa manajer meliputi kepala tambang, pengendalian proses, dengan masalah lebih kompleks lagi.

Menurutnya, dalam menunjang mutu perusahaan, setiap gugus menampilkan sesuai metode dimulai dari unit kerja masing-masing. Adapun setiap karya inovasi menang dimasukkan dalam innovation manajemen system (IMS).

“Dengan keikutsertaan kami dalam ajang ini akan semakin mempengaruhi image perusahaan di tingkat nasional. Dalam hal ini, citra perusahaan baik begitu pula capaian inovasinya sehingga meningkatkan produktivitas,” jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 1.739 orang yang dibagi dalam 419 tim penyaji dari 172 perusahaan ikut serta dalam TKMPN XXIII yang digelar di The Sunan Hotel dan Aston Solo Hotel pada 18-22 November 2019. Agenda ini merupakan ajang unjuk kebolehan dan keberhasilan dari perusahaan-perusahaan swasta nasional dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mengelola mutu serta produktivitas perusahaan baik perorangan maupun kelompok dengan berbagai pendekatan sistem manajemen.

Direktur PT Wahana Kendali Mutu, Damayanti, selaku penyelenggara bekerja sama dengan Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia (AMMPI) mengatakan mereka yang mengikuti ajang ini untuk mengetahui level mutu maupun produktivitas perusahaan.

Menurutnya, ada tiga jenis penghargaan yang diperebutkan dalam ajang ini. Pertama, berdasarkan kategori seperti diamond, platinum, gold, silver, dan bronze. Kedua, berdasarkan stream presentasi per ruangan. Nantinya, dari tim yang presentasi bakal dipilih tiga penghargaan, yakni best presentation, best performance, dan most favorite. Ketiga, berdasarkan quiz of quality and productivity.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten