Keren! Remaja Asal Madiun Jadi Dalang Bocah Terbaik Tingkat Nasional

Seorang remaja dari Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, berhasil mendapatkan predikat dalang terbaik dalam Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020.

 Dalang bocah dari Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Nabil Ekri Rasfadillah Erlambang, berlatih mendalang, Kamis (11/3/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

SOLOPOS.COM - Dalang bocah dari Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Nabil Ekri Rasfadillah Erlambang, berlatih mendalang, Kamis (11/3/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Nabil Ekri Rasfadillah Erlambang, 15, seorang remaja dari Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, berhasil mendapatkan predikat dalang terbaik dalam Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020. Nabil berhasil menyisihkan sejumlah peserta lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Nabil merupakan siswa kelas VIII SMPN 2 Madiun. Remaja itu berhasil mendapatkan predikat terbaik dalam festival tersebut untuk kelompok kategori B (usia 12-15 tahun). Festival yang diselenggarakan pada 7-16 November 2020 itu sendiri diselenggarakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Saat ditemui di rumahnya, Kamis (11/3/2021) pagi, Nabil sedang berlatih wayang di rumahnya. Satu set wayang kulit beserta satu set gamelan terlihat menghiasi rumah sederhana tersebut.

Baca Juga: Ada 120.000 Guru Agama Honorer, Lowongan PPPK Hanya 9.000

Nabil mengaku senang akhirnya bisa meraih prestasi sebagai dalang cilik terbaik tingkat nasional. Sebelum meraih prestasi di tingkat nasional, Nabil terlebih dahulu meniti karier di dunia pewayangan sebagai penggendang. Sejak kelas II SD, Nabil sudah diperkenalkan oleh kedua orang tuanya di musik karawitan.

“Saya kelas II SD sudah meraih juara harapan tiga di tingkat Kota Madiun, juara harapan satu saat kelas III SD, dan kelas IV SD kembali meraih juara harapan satu di tingkat Kota Madiun,” kata dia.

Masuk di kelas V, Nabil kemudian mampu meraih juara pertama sebagai dalang bocah. Karena menjadi yang terbaik di tingkat kota, Nabil kemudian mewakili Kota Madiun di ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Timur. Pada 2019, remaja itu menjadi yang terbaik sebagai dalang bocah dan mewakili Jawa Timur di ajang serupa tingkat nasional.

Keluarga Seniman

Berbicara soal kemampuan dalangnya, darah Nabil memang terlahir dari keluarga seniman pewayangan. Neneknya seorang pesinden dan kakeknya seornag dalang yang cukup terkenal di Madiun.

Lantaran masih pandemi Covid-19, remaja Madiun itu mengikuti Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020 secara virtual. Anak pertama dari pasangan Rudi Erlambang dan Eni Lestari ini melakukan perekaman di RRI Madiun dan kemudian video tersebut dikirimkan ke panitia.

Baca Juga: Ada Makna di Balik Livery Batik Motor Balap Tim Pertamina Mandalika SAG

Dalam ajang tersebut, kata Nabil, dirinya membawakan lakon Tali Brangta. Kisah ini menceritakan tentang pengorbanan seorang ibu yang melarang putranya agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Setelah dewasa, sang putra akhirnya tumbuh menjadi ksatria yang tangguh. Bahkan mampu mengalahkan ksatria lain dari kalangan ningrat. “Saat itu saya membawakan lakon Kunti dan Karna,” jelas dia.

Dia mengaku membutuhkan waktu sebulan penuh untuk mempersiapkan dalam mengikuti kompetisi tersebut. Salah satu bagian tersulit adalah saat menghafal naskah dan mempelajari para tokoh di lakon pewayangan itu. “Kan harus menghafal satu per satu suara tokohnya. Paling sulit ya suara wayang wedok [perempuan],” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Soloraya Ladang Ranjau dan Aksi Peledakan Jembatan Pascakemerdekaan 

      + PLUS Soloraya Ladang Ranjau dan Aksi Peledakan Jembatan Pascakemerdekaan 

      Perjuangan mempertahankan kemerdekaan di wilayah Soloraya melahirkan aksi peledakan jembatan dan pemasangan ranjau di sejumlah lokasi, yang terkadang memakan korban dari bangsa sendiri.

      Berita Terkini

      Tragis! Sopir Truk Meninggal Tertimpa Kontainer di Tanjung Perak

      Seorang operator truk di kawasan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) yang ada di Jalan Prapat Kurung Selatan, Tanjung Perak, Surabaya, meninggal dunia setelah tertimpa kontainer.

      Pria di Ponorogo Gantung Diri, Istri Ungkap Keanehan Sikap Suaminya

      Seorang karyawan minimarket di Kabupaten Ponorogo ditemukan meninggal dunia dalam kondisi gantung diri.

      Gara-gara Judi Online, Karyawan Swalayan di Ponorogo Nekat Lakukan Ini

      Seorang karyawan swalayan berjejaring di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur nekat mengakhiri hidup dengan gantung diri di dalam swalayan pada Minggu (14/8/2022) sekitar pukul 20.45 WIB.

      Prakiraan Cuaca Madiun Senin: Hujan pada Siang Hari, Suhu Capai 34 °C

      Prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Senin 15 Agustus 2022.

      KA Pandanwangi Tabrak Motor di Jember, 3 Orang Terpendal & Meninggal

      Kereta Api Pandanwangi tabarak sepeda motor di Desa Sumberlesung, Kabupaten Jember, tiga orang meninggal dunia.

      Uniknya Tari Keling, Pemainnya Harus dari Dusun di Ponorogo

      Mengenal tari keling yang menjadi salah satu tari tradisional di Kabupaten Ponorogo.

      Jelang HUT Ke-77 RI, Lokomotif KA Dicuci & Dihias Bertema Kemerdekaan

      Menjelang HUT ke-77 Republik Indonesia, Komunitas Pecinta Kereta Api Lingkup Madiun atau Pecel +63 mencuci dan menghias lokomotif kereta api.

      Karyawan Disekap, Bos Perusahaan di Surabaya Dilaporkan ke Polisi

      Direktur Utama (Dirut) PT Meratus Line, Slamet Rahardjo, diduga menyekap seorang karyawannya bernama, Edi Setyawan.

      Terbanyak untuk Honor Panitia, Anggaran Pilkada Gunungkidul Rp73 Miliar

      Anggaran Pilkada 2024 di Kabupaten Gunungkidul diperkirakan mencapai Rp73 miliar.

      Tak Kuat Nanjak, Bus Pariwisata Angkut 28 Siswa di Malang Masuk Jurang

      Sebuah bus pariwisata yang mengangkut 28 siswa Mts mengalami kecelakaan, terperosok ke jurang di Desa Plandi, Wonosari, Kabupaten Malang.

      Baru Muncul ke Publik, Istri Mas Bechi Ternyata Habis Melahirkan

      Durottun Mahsunnah, istri Mas Bechi, terdakwa kasus pencabulan santriwati di Jombang, mengaku baru bisa muncul di depan publik karena baru saja melahirkan anak keempat.

      Istri Mas Bechi Sebut Banyak Pelakor yang Ingin Rebut Suaminya

      Durrotun Mahsunnah, istri anak kiai Jombang yang menjadi terdakwa kasus pencabulan dan kekerasan seksual terhadap santri, MSAT atau Mas Bechi, menyebut suaminya banyak disukai wanita.

      Siapkan Payung! Prakiraan Cuaca Madiun Sabtu: Hujan Tipis Siang Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Sabtu 13 Agustus 2022.

      Forum Beasiswa Indonesia Gelar Kongres Ke-2, Bahas Isu Kontroversi Ini

      Komite Forum Beasiswa Indonesia menggelar Kongres Beasiswa Indonesia Ke-2 pada tanggal 19-23 Agustus 2022.

      Jelang HUT Ke-77 RI, Pemkot Madiun Bagikan 5000 Bendera Merah Putih

      Pemkot Madiun bagikan 5000 bendera merah putih kepada warga menjelang perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 RI.