Tutup Iklan

Keren! Penutupan PON XX Papua Malam Ini Diwarnai Pesta Kembang Api

Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, K.H. Maruf Amin dijadwalkan menutup gelaran PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10/2021).

 Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut mengangkat tema 'Torang Bisa'.  ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU

SOLOPOS.COM - Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut mengangkat tema 'Torang Bisa'. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU

Solopos.com, PAPUA – Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Maruf Amin dijadwalkan menutup gelaran PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, pada Jumat (15/10/2021) pukul 19.00 WIT.

Penutupan gelaran olahraga nasional selama dua pekan itu bakal dimeriahkan sejumlah artis dan ditutup dengan pesta kembang api.

Ketua Panitia Seremoni Penutupan PON XX Papua M. Umar Reliubun dalam keterangan tertulis, Kamis (14/10/2021) mengatakan upacara penutupan PON Papua akan berbeda dengan upacara pembukaan karena ada pembatasan jumlah penari yaitu 200 orang.

Baca Juga: Ini Dia Shesar Hiren Rhustavito, dari Sukoharjo Melejit di Piala Thomas

Namun, perayaan penutupan tidak jauh berbeda dengan perayaan pembukaan PON Papua. Penutupan tetap dimeriahkan sejumlah selebritis lokal dan nasional dan pesta kembang api.

Lalu, sama seperti saat pembukaan kapasitas kursi penonton hanya boleh terisi 25 persen. Jumlah itu sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lain.

Sementara itu, penonton dan tamu VIP yang mengikuti upacara penutupan menggunakan undangan sebagai syarat masuk. Syarat itu merupakan syarat terbaru setelah sebelumnya menggunakan kartu identitas PON ataupun gelang. Undangan bagi tamu VIP terdapat hologram khusus yang diverifikasi oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Ada beberapa syarat lain seperti KTP, sertifikat vaksin, dan undangan bagi masyarakat. Untuk tamu jajaran VIP kami akan berkoordinasi dengan paspampres untuk teknisnya,” kata dia.

Sementara itu, dilansir dari website Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Menpora, Zainudin Amali menegaskan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 berjalan dengan lancar dan tanpa ada gangguan. Ia meminta situasi dan kondisi yang baik itu bisa terus dijaga sampai penutupan ajang pesta olahraga terbesar di Tanah Air ini.

“Sampai hari ini secara keseluruhan PON berjalan dengan lancar dan tanpa ada hal yang muncul signifikan mengganggu,” kata Menpora.

Baca Juga: Anggota Paskhas AU Bawa Jateng Tambah Medali Emas PON Papua

Menurutnya, kelancaran pelaksanaan PON Papua atas kerjasama semua pihak, mulai dari panitia pelaksana, Pemprov Papua, pihak kepolisian, TNI, dan stakeholder terkait. Masyarakat di Papua juga sangat antusias menyambut event ini.

Terbukti dari masyarakat yang hadir menyaksikan pertandingan. Lalu, ia mengapresiasi semua pihak dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Papua yang telah mendukung pelaksanaan PON. Ajang ini bertujuan untuk mencari bibit atlet untuk memperkuat tim nasional.

“Ini sekaligus menepis keraguan, kekhawatiran orang, bahkan ketakutan orang. Orang yang tadinya takut, khawatir. Papua aman, tagline Torang Bisa membuktikan bahwa Papua bisa menyelenggarakan PON,” ujar Menpora.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Keren, Dechapol/Sapsiree Sikat Bersih 3 Gelar Ganda Campuran IBF 2021

Sukses besar diraih ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang memboyong tiga gelar juara dari ajang Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021.

Final BWF World Tour: Kevin/Marcus Hadapi Hoki/Kobayashi asal Jepang

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2021 akan dilaksanakan, Minggu (5/12/2021) mulai pukul 12.00 WIB di Nusa Dua, Bali.

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.

Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Eks striker Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga, melakukan aksi tak terpuji saat berlaga di Liga 3 bersama klub Medan Utama.

Statistik Iqbal Al Ghuzat, Bek PSG Pati yang Jadi Incaran Persis Solo

Persis Solo dikabarkan mengincar pemain PSG Pati, Iqbal Al Ghuzat, untuk menambah kekuatan pada babak 8 Besar kompetisi Liga 2.