Tutup Iklan

Keren! Penutupan PON XX Papua Malam Ini Diwarnai Pesta Kembang Api

Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, K.H. Maruf Amin dijadwalkan menutup gelaran PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10/2021).

 Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut mengangkat tema 'Torang Bisa'.  ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU

SOLOPOS.COM - Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut mengangkat tema 'Torang Bisa'. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU

Solopos.com, PAPUA – Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Maruf Amin dijadwalkan menutup gelaran PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, pada Jumat (15/10/2021) pukul 19.00 WIT.

Penutupan gelaran olahraga nasional selama dua pekan itu bakal dimeriahkan sejumlah artis dan ditutup dengan pesta kembang api.

Ketua Panitia Seremoni Penutupan PON XX Papua M. Umar Reliubun dalam keterangan tertulis, Kamis (14/10/2021) mengatakan upacara penutupan PON Papua akan berbeda dengan upacara pembukaan karena ada pembatasan jumlah penari yaitu 200 orang.

Baca Juga: Ini Dia Shesar Hiren Rhustavito, dari Sukoharjo Melejit di Piala Thomas

Namun, perayaan penutupan tidak jauh berbeda dengan perayaan pembukaan PON Papua. Penutupan tetap dimeriahkan sejumlah selebritis lokal dan nasional dan pesta kembang api.

Lalu, sama seperti saat pembukaan kapasitas kursi penonton hanya boleh terisi 25 persen. Jumlah itu sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lain.

Sementara itu, penonton dan tamu VIP yang mengikuti upacara penutupan menggunakan undangan sebagai syarat masuk. Syarat itu merupakan syarat terbaru setelah sebelumnya menggunakan kartu identitas PON ataupun gelang. Undangan bagi tamu VIP terdapat hologram khusus yang diverifikasi oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Ada beberapa syarat lain seperti KTP, sertifikat vaksin, dan undangan bagi masyarakat. Untuk tamu jajaran VIP kami akan berkoordinasi dengan paspampres untuk teknisnya,” kata dia.

Sementara itu, dilansir dari website Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Menpora, Zainudin Amali menegaskan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 berjalan dengan lancar dan tanpa ada gangguan. Ia meminta situasi dan kondisi yang baik itu bisa terus dijaga sampai penutupan ajang pesta olahraga terbesar di Tanah Air ini.

“Sampai hari ini secara keseluruhan PON berjalan dengan lancar dan tanpa ada hal yang muncul signifikan mengganggu,” kata Menpora.

Baca Juga: Anggota Paskhas AU Bawa Jateng Tambah Medali Emas PON Papua

Menurutnya, kelancaran pelaksanaan PON Papua atas kerjasama semua pihak, mulai dari panitia pelaksana, Pemprov Papua, pihak kepolisian, TNI, dan stakeholder terkait. Masyarakat di Papua juga sangat antusias menyambut event ini.

Terbukti dari masyarakat yang hadir menyaksikan pertandingan. Lalu, ia mengapresiasi semua pihak dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Papua yang telah mendukung pelaksanaan PON. Ajang ini bertujuan untuk mencari bibit atlet untuk memperkuat tim nasional.

“Ini sekaligus menepis keraguan, kekhawatiran orang, bahkan ketakutan orang. Orang yang tadinya takut, khawatir. Papua aman, tagline Torang Bisa membuktikan bahwa Papua bisa menyelenggarakan PON,” ujar Menpora.


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Tundukkan Crystal Palace, Steven Gerrard Bangga pada Pemain Aston Villa

Steven Gerrard bangga atas kerja keras para pemain Aston Villa saat mereka menundukkan tuan rumah Crystal Palace dengan skor 2-1.

Liverpool Benamkan Southampton 4-0, Klopp Sanjung Diogo Jota

Liverpool mencukur Southampton 4-0 dalam laga pekan ke-13 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (27/11/2021).

Resmi Bergabung ke Persis Solo, Ini Komentar Jacksen F Tiago

Persis Solo secara resmi menunjuk Jacksen Ferreira Tiago sebagai Manajer Tim Laskar Sambernyawa.

Ganjar: Borobudur Marathon 2021 Momen Majukan Sport Tourism Indonesia

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyadari ajang Borobudur Marathon 2021 menjadi momentum memajukan sport tourism di Indonesia.

Resmikan Persis Store & Cafe, Ini Kata Wawali Solo

Persis Store and Cafe milik klub sepak bola kebanggaan wong Solo, Persis Solo, resmi beroperasi pada Sabtu (27/11/2021) sore.

Gandeng UMKM, Persis Solo Luncurkan Official Merchandise Store Pertama

Persis Store berlokasi di kompleks Stadion Manahan di Jl. Menteri Supeno No.10, Banjarsari, Kota Solo. Selain merchandise Persis Solo, ada juga produk UMKM yang dijajakan.

Susul Greysia/Apriyani, Marcus/Kevin Tembus Final Indonesia Open 2021

Ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, sukses menembus babak final Indonesia Open 2021.

Jacksen Jadi Manajer di Persis Solo, Eko Purdjianto Tetap Jadi Pelatih

Persis Solo resmi menunjuk Jacksen Ferreira Tiago sebagai manajer. Posisi pelatih kepala masih diduduki oleh Eko Purdjianto.

Berikut Daftar Pemenang Borobudur Marathon 2021

Pelari nasional, Agus Prayogo, dan Odekta Naibaho, tampil sebagai yang tercepat pada ajang Borobudur Marathon 2021 yang digelar di kawasan Candi Borobudur.

Sah! Jacksen F Tiago Gabung Persis Solo

Mantan Pelatih Persipura Jacksen Fereirra Tiago resmi bergabung ke Persis Solo.

Prediksi Skor Liverpool vs Southampton, Bisa Menang Besar The Reds?

Liverpool akan menghadapi tantangan Southampton pada pekan ke-13 Liga Premier Inggris.

Jos! Greysia/Apriyani Lolos ke Final Indonesia Open 2021

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses melaju ke babak final Indonesia Open 2021.

Agus Prayogo dan Odekta Naibaho Juara Borobudur Marathon 2021

Agus Prayogo berhasil memecahkan rekor PON Papua saat menjuarai Borobudur Marathon 2021.

Top! Egy Maulana Vikri Cetak Gol Pertama di Liga Slovakia

Bintang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri, sukses mencetak gol pertamanya di Liga Slovakia bersama klub FK Senica.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Arsenal vs Newcastle United

Arsenal akan menghadapi tantangan dari Newcatle United dalam lanjutan pekan ke-13 Liga Premier Inggris.