SOLOPOS.COM - Battlefield 1 Beta (Istimewa)

Pendekatan yang mereka lakukan adalah memerintahkan AI untuk mempelajari pola seseorang bermain game.

Solopos.com, NEW YORK – Melatih Artificial Intelligence (AI) untuk bermain game memang bukan sebuah hal yang baru. Beberapa orang telah mencoba untuk melakukan hal tersebut, meski sang AI sekarang hanya bisa memainkan game simpel saja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu perusahaan pengembang game, EA dikabarkan telah membawa hal ini ke tingkatan baru. Pasalnya, divisi Search for Extraordinary Experiences Division (SEED) milik EA dikabarkan telah mengajarkan AI bermain game perang bernama Battlefield 1.

Dilansir Engadget, Sabtu (24/3/2018), SEED mengajarkan para AI melalui sebuah jaringan syaraf khusus. Para AI diajari cara bermain game melalui metode trial and error.

Pendekatan yang mereka lakukan adalah memerintahkan AI untuk mempelajari pola seseorang bermain game. Setelah itu, AI akan diminta untuk bermain game tersebut dan melawan musuh yang dikendalikan oleh bot.

Tak lupa juga para AI diajarkan cara mengisi kembali senjata dan menggunakan alat penyembuh. Para AI juga diajari bagaimana cara mengambil peluru dan alat penyembuh agar mereka bisa bertahan dan memenangkan game.

Direktur teknik SEED Magnus Nordin mengatakan, ketertarikan untuk menciptakan AI yang dapat diajari bermain game dimulai sejak DeepMind mengajarkan dirinya sendiri untuk memainkan game-game Atari lama pada 2015.

Setelah dia mendirikan SEED, dia dan timnya menggunakan dasar-dasar FPS tiga dimensi untuk melatih jaringan saraf, kemudian bekerja dengan tim Battlefield (DICE) untuk mengintegrasikan agen AI ke dalam lingkungan game mereka.

Yang mengesankan, kini AI mereka dapat bermain melawan pemain manusia, meski sang pemain hanya menggunakan pistol saja. Tetap saja, hal ini menjadi pencapaian yang cukup mencengangkan.

Langkah berikutnya, kata Nordin, dia berencana akan melatih AI untuk menangani strategi yang lebih kompleks. “Seperti kerjasama tim, mengetahui peta dan terbiasa dengan kelas dan peralatan individu,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya