Keren! Pemuda Solo Ciptakan Desain Interior Kafe Era New Normal

Erick Rahardjo Hoputro, 20, pemuda asal Kerten, Laweyan, Solo, merancang desain bagi pemilik bisnis food and bar di tengah situasi new normal.

 Desain sirkulasi udara ruangan kafe di era new normal. (Istimewa/Dok Erick Rahardjo Hoputro)

SOLOPOS.COM - Desain sirkulasi udara ruangan kafe di era new normal. (Istimewa/Dok Erick Rahardjo Hoputro)

Solopos.com, SOLO — Sukses menyelesaikan desain interior pesawat tanpa atap, Erick Rahardjo Hoputro, 20, pemuda asal Kerten, Laweyan, Solo, merancang desain bagi pemilik bisnis food and bar di tengah situasi new normal. Hanya dalam sepekan, desain kafe yang memanfaatkan sirkulasi udara itu selesai dikerjakan.

Erick kepada Solopos.com, Minggu (18/4/2021) mengatakan ide mendesain berawal dari melihat situasi saat masyarakat telah divaksin dan aktivitas masyarakat kembali berjalan. Ia menyebut aktivitas makan di restoran atau pergi ke kafe juga semakin bergeliat. Namun, saat proses makan masker dan face shield tidak bisa digunakan.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Baca Juga: Perhimpunan Indonesia Tionghoa Tertarik Investasi Antarnegara di Pati

“Saya mengusulkan desain interior baru sebagai sebuah solusi memodifikasi meja agar dilengkapi oleh air suction channel. Didasari oleh pengertian bahwa penyebaran virus Covid-19 terjadi melalui kontak langsung respiratory droplet,” papar mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya itu.

Menurutnya, air suction channel berfungsi menyedot udara disekitar konsumen secara individual dan kemudian dialirkan menuju ruangan lain melalui sebuah saluran yang sudah dilengkapi sistem filtrasi. Konsep itu diharapkan mengurangi kontak udara terjadi secara tidak kasat mata antarindividu dalam ruangan restoran atau kafe. Lalu, mampu mengurangi resiko penyebaran berbagai macam virus termasuk salah Covid-19.

“Saya merasa banyak orang khawatir untuk mengonsumsi makanan atau minuman ditempat umum karena harus membuka masker, termasuk ayah saya. Mereka merasa tidak ada perlindungan terhadap penyebaran virus, apalagi berada dalam ruangan tertutup dan ber-AC. Jadi sebagai desainer saya mencari solusi dan akhirnya terlahirlah konsep airflow control ini,” imbuh dia.

Ia menambahkan konsep itu memanfaatkan prinsip sirkulasi udara sederhana yakni seluruh volume udara dalam ruang harus tergantikan sebanyak 6-10 kali dalam periode 60 menit. Menurutnya, perhitungan konsep itu dapat dilakukan secara sederhana menggunakan rumus ACH atau Air Change per Hour.

Menurut pemuda asal Solo itu, desain tersebut bisa juga digunakan di warung sederhana. Hal itu dikarenakan yang diperlukan cukup mengganti meja yang dilengkapi air suction channel.

Baca Juga: Masjid Agung Baitunnur, Pusat Islam di Kabupaten Blora Sejak Tahun 1722

Ia menambahkan desain itu juga tidak memerlukan renovasi interior signifikan seperti modifikasi lantai atau tembok. Meskipun beberapa kasus modifikasi serupa diperlukan demi keindahan estetika ruangan.

“Saya berharap konsep ini mampu membantu banyak orang sebagai solusi kecemasan yang ada,” papar CEO InteriorHaha itu.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Gondang Winangun Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Pedan, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perangkat Desa di Eks Kawedanan Pedan Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Pedan, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Jatinom Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Jatinom, Klaten.

    Rumah dan Kandang di Tanon Sragen Terbakar, 1 Ekor Sapi Terpanggang

    Rumah dan kandang ternak milik warga Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (7/8/2022).

    Meriah! Ratusan Orang Kunjungi Bedoro Festival Fair Sambungmacan Sragen

    Ratusan orang menghadiri Bedoro Festival Fair yang diselenggarakan di Lapangan Tunjungsemi, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, pada Minggu (7/8/2022).

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Delanggu Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Delanggu, Klaten.

    Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

    Malam puncak grand final pemilihan Putra Putri Solo 2022 di Balai Kota Solo berlangsung meriah dihadiri Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire.

    Kisah Sukses Penjual Kesemek Selo Boyolali, Tembus Pasar Singapura

    Kisah sukses ini berasal dari Rina dan keluarganya di Desa/Kecamatan Selo, Boyolali yang kesehariannya berjualan buah kesemek.

    Alasan DLH Solo Usulkan CFD Tanpa Pedagang, Hanya Masalah Sampah?

    Persoalan rendahnya kesadaran pedagang dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu alasan DLH Solo usulkan CFD tanpa pedagang.

    Bakal Ditutup Total 3 Bulan, Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo

    Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas saat simpang Joglo, Banjarsari, Solo, ditutup total selama tiga bulan.

    Jadi Ikon Desa! 14 Kelompok Ikuti Festival Gejog Lesung Barepan Klaten

    Sebanyak 14 kelompok mengikuti Festival Gejog Lesung yang digelar di Pendapa Alun-alun Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, Minggu (7/8/2022) siang.

    Wah, Pelopor Karawitan Jangglengan Sukoharjo Ternyata Penjual Bakso

    Munculnya kelompok karawitan di Desa Jangglengan, Nguter, Sukoharjo, dipelopori oleh seorang warga yang pernah merantau di Bandung sebagai penjual bakso.

    Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan untuk Rel Layang, Catat Jadwalnya!

    BTP Jabagteng telah menyiapkan linimasa pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, yang salah satunya berdampak penutupan total simpang tujuh itu selama tiga bulan.

    Pengumuman! Ndarboy Genk Manggung di Stadion Trikoyo Klaten Malam Ini

    Ruas Jl. Pemuda Klaten bakal diberlakukan dua arah, Minggu (7/8/2022) pukul 18.00 WIB-24.00 WIB.

    Ini Tren Make Up yang Digandrungi Kawula Muda di Sragen

    Paguyuban Perias Widuri Sragen menyebut jenis make up yang menjadi tren dan digandrungi kawula muda di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

    Minim Siswa, SMP Negeri di Jumapolo-Jatipuro Karanganyar bakal Digabung

    Pemkab Karanganyar berencana me-regrouping atau menggabungkan sejumlah SMP negeri di dua kecamatan di Kabupaten Karanganyar.