SOLOPOS.COM - Golden Resto di pinggir Waduk Gajah Mungkur Wonogiri menawarkan sensasi makan dengan pemandangan ala Santorini. Foto diambil Senin (30/1/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Kawasan pinggir Waduk Gajar Mungkur atau WGM Wonogiri terutama di sisi barat kini terus berkembang dengan menawarkan resto kekinian yang instagramable. Golden Resto salah satunya.

Restoran dengan bangunan dominan warga putih ini bisa menjadi pilihan menarik bagi warga Wonogiri dan sekitarnya ketika ingin makan sambil bersantai menikmati pemandangan. Tembok warna putih bersih dengan lengkungan-lengkungan dan kubahnya disebut-sebut membuat pemandangannya mirip Santorini, salah satu kota pinggir laut di Yunani.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Selain menyediakan aneka menu makanan dan minuman, restoran yang terletak di jalan Wonogiri-Wuryantoro, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, ini menawarkan pemandangan indah berupa hamparan WGM Wonogiri.

Owner Golden Resto Wonogiri, Wawan, mengatakan resto di pinggir WGM itu baru dibuka 17 Desember 2022 lalu. Resto ini mengusung konsep  berbeda dibandingkan restoran atau rumah makan lain di kawasan wisata WGM Wonogiri, yaitu modern industrial.

Sisi timur resto tiga lantai ini langsung menghadap WGM. Pengunjung bisa langsung menikmati keindahan WGM dari resto yang bernuansa terang dengan warna putih dan biru ini.

Restoran ini menawarkan aneka menu makanan, mulai dari western food, chinese food, hingga masakan lokal Wonogiri. “Walaupun konsepnya modern. Tetapi kami tetap menyediakan menu makanan lokal khas Nusantara, Wonogiri,” kata Wawan saat berbincang dengan Solopos.com di Golden Resto, Senin (30/1/2023) siang.

resto pinggir WGM wonogiri
Sejumlah pengunjung menikmati makanan di Golden Resto Wonogiri di jalan Wonogiri-Wuryantoro, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Senin (30/1/2023). Resto ini menawarkan pengalaman baru seperti di Santorini, Yunani. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Dia memaparkan menu andalan di restor pinggir WGM Wonogiri itu adalah western food di antaranya Wagyu Original Steak, spaghetti, dan Signature Salad. Sementara untuk menu favorit chinese food di antaranya kepiting asam manis, fuyung hai, dan cap jay.

Adapun menu makanan khas Wonogiri seperti sego bancakan, tiwul, dan ikan nila goreng. Selain itu, resto bekas Pondok Makan Moro Seneng ini juga menyediakan menu minuman laiknya coffeshop seperti americano, kopi susu, dan mojito. 

Fasilitas Lengkap

“Kami juga menyediakan coffeshop di sini. Kami sadar sekarang banyak orang yang suka kopi,” ujar dia. Pengunjung tidak perlu khawatir jika membawa anak balita, sebab resto ini menyiapkan kursi khusus untuk si buah hati sehingga para orang tua tidak merasa repot.

Fasilitas umum seperti toilet, musala, dan wifi juga tersedia gratis. Dengan luasan area resto seluas lebih kurang 7.000 meter persegi, tempat ini cukup untuk menampung puluhan mobil dan motor untuk parkir. 

“Kapasitas pengunjung sekitar 250 orang. Sebenarnya bisa lebih dari itu, tetapi kami tidak ingin terlalu ramai. Itu juga bagian dari komitmen kami memberikan kenyamanan customer,” ucap Wawan.

Dia melanjutkan Golden Resto yang berada di pinggir WGM Wonogiri itu bisa untuk tempat gathering, meeting, hingga pesta. Resto ini menyediakan dua ruang pertemuan masing-masing berkapasitas 100 orang di lantai I dan II. Selain itu, ada gathering room berkapasitas 50 orang di lantai II dengan ruang berpendingin. 

Di lantai III, selain ada gathering room, terdapat pula ruang terbuka dengan beberapa meja makan dan alas rumput sintetis. Di sana, menjadi spot foto terbaik dengan waduk sebagai latar belakangnya.

Area rooftop Golden Resto di jalan Wonogiri-Wuryantoro, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Senin (30/1/2023). Resto ini menawarkan pengalaman baru seperti di Santorini, Yunani. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Wawan menyebut pembangunan Golden Resto belum rampung 100%. Masih ada beberapa fasilitas yang bakal memanjakan para pengunjung. Tidak hanya resto, di kawasan itu, juga tengah dibangun hotel dengan 15 kamar dan dua kolam renang di belakangnya. Sisi paling selatan, tersedia hiburan karaoke. 

One Stop Vacation

“Kami ingin membuat one stop vacation. Jadi orang ke sini itu bisa dapat paket lengkap, ada makan, tidur, dan hiburan. Dan ini baru pertama di Wonogiri. Rencananya akan ada grand opening Maret 2023 nanti,” kata dia.

Menurut Wawan, yang disebut banyak orang mirip dengan Santorini adalah hotel yang sedang dibangun. Dia sengaja membuat hotel berkonsep ala Santorini karena menyesuaikan dengan kondisi alam di sana. 

“Kalau di Santorini itu ada hotel di belakang laut, di sini, hotel dan belakang waduk. Konsepnya hampir sama. Selain itu, kami juga ingin ada hotel yang bagus di Wonogiri,” terang Wawan.

Dia menambahkan mereka yang hendak berkunjung ke Golden Resto pada akhir pekan sebaiknya reservasi terlebih dahulu. Sebab saat akhir pekan, pengujung resto ini membludak. Setiap Jumat-Minggu malam, Golden Resto menyediakan hiburan live music.

Jam operasional Golden Resto mulai pukul 09.00 WIB dan close order pukul 21.00 WIB. Pengunjung Golden Resto dari Ngadirojo, Novika, mengaku suka dengan konsep Golden Resto yang ia sebut seperti resto-resto yang ditemukan di Tawangmangu.

Di samping itu, menu makanan dan minuman yang ditawarkan juga tidak mengecewakan. “Baru pertama ke sini, bagus. Harga makanan dan minumannya juga standar, tidak mahal atau murah, masih terjangkau,” kata Novika.

Pengunjung lain, Sinta, juga mengungkapkan hal serupa. Menurut dia, dengan pemandangan dan tempat yang seperti itu, akan lebih baik jika datang saat sore hari. Sebab suasana yang didapatkan akan semakin indah dengan pemandangan matahari terbenam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya