Keren! Mobil Listrik Mahasiswa UMS bakal Bersaing di Kompetisi Internasional

Mobil listrik buatan mahasiswa UMS akan turut dalam kompetisi Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

 Rektor UMS, Sofyan Anif (tengah depan) mencoba mobil listrik buatan tim Electric Car Research Center (ECRC) dari mahasiswa UMS yang akan ikut ajang kompetisi internasional mobil hemat energi Shell Eco-marathon 2022 pada 11-15 Oktober 2022,  di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 
(Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

SOLOPOS.COM - Rektor UMS, Sofyan Anif (tengah depan) mencoba mobil listrik buatan tim Electric Car Research Center (ECRC) dari mahasiswa UMS yang akan ikut ajang kompetisi internasional mobil hemat energi Shell Eco-marathon 2022 pada 11-15 Oktober 2022, di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO Mobil listrik buatan tim Electric Car Research Center (ECRC) dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sukoharjo akan mengikut kompetisi internasional mobil hemat energi Shell Eco-marathon 2022.

Acara tersebut digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 11-15 Oktober 2022 mendatang.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Rektor UMS, Sofyan Anif mengatakan mobil listrik tersebut hasil rancangan mahasiswa Fakultas Teknik gabungan dari tiga program studi (prodi) yakni prodi mesin, elektro, dan industri. Mobil listrik itu diberi nama Ababil Evo III.

“Mobil listrik ini sudah mengalami proses perbaikan generasi ketiga, generasi kedua lalu sudah pernah dilombakan di Jepang,” kata Sofyan Anif saat pelepasan tim ECRC di Gedung Induk Siti Walidah, UMS, Jumat (30/9/2022).

Mobil listrik Ababil Evo III merupakan mobil hemat energi yang dirancang untuk mengikuti perlombaan dalam kategori prototype Ababil Evo III. Mobil listrik ini dirancang melalui riset dan penelitian dengan mengikuti perkembangan teknologi pada setiap tahunnya.

Baca juga: Jelang G20, Hyundai Siapkan 400 Mobil Listrik bagi Kepala Negara

“Perlombaan Shell Eco marathon 2022 merupakan kompetisi yang menantang para mahasiswa perguruan tinggi berbagai negara untuk berinovasi, merancang, dan membangun kendaraan paling hemat energi,” jelas Sofyan.

Menurut dosen pembimbing Teknik Mesin, Muhammad Alfatih Hendrawan, mobil listrik ini dinilai efisien dan hemat energi. Sehingga tidak hanya persaingan namun bisa memberikan konstribusi penghematan energi.

“Persiapan efektif enam bulan, desain sebenarnya sudah lama, pulang dari Jepang kami perbaiki,” ujarnya.

Mobil listrik tersebut menjadi pendatang terbaik di event international Award, Econo Move di Akita Jepang. Ababil Evo II meraih juara 2 di kontes mobil hemat energi tahun 2020 diselenggarakan Kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Ababil Evo III ini merupakan mobil hemat energi yang dibuat tahun 2017 lalu. Tapi dilakukan pembenahan atau penyempurnaan ketiga kalinya untuk persiapan Shell Eco Marathon di Mandalika nanti.

Baca juga: Langkah Nyata Kurangi Emisi Karbon, BRI Akselerasi Transisi Kendaraan Listrik

Dia menyebut, mobil listrik Ababil Evo IlI ini memiliki rancangan Battery Li-ton dengan kapasitas 840 Wh dan rasio konsumsi sebesar 265,2 kWh menggunakan motor penggerak yaitu Motor Brushless DC 350W 48V.

Perubahan terdapat pada bagian bodi yang lebih aerodinamis serta berat mobil yang sebelumnya memiliki berat 60,5 kg menjadi 56 kg.

Perubahan juga terdapat pada bagian pengereman menjadi hidrolik. Sementara visibilitas mobil pada bagian elektrikal mobil ditambah sensor arus, tegangan, dan sensor kecepatan.

“{Desain sebelumnya] mobil berjalan [seperti] ada yang menarik dari belakang, setelah kami perbaiki [bodynya], di belakang sedikit meruncing, sehingga harapannya jalannya semakin meningkat dan hemat energinya. Ini sudah kami buktikan meningkat lebih dari dua kali lipat,” imbuhnya.

Baca juga: Sewa Mobil Listrik Bisa Sampai ke Danau Toba Loh!

Bodi mobil Ababil Evo III terbuat dari fiberglass dan alumunium 6061. Pemakaian alumunium digunakan untuk meringankan beban. Mobil listrik itu berbentuk kapsul dan dapat melaju dengan kecepatan tertinggi 55 km/jam.

Sementara itu Driver Cadangan, Bagus Dwi Nugroho, mengatakan sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi internasional itu. Bagus mengatakan saingan dalam negeri terberat berasal dari UGM, UMM dan Tim Batavia UNJ.

“Peluang sebenarnya berat, tapi kami berusaha maksimal bisa mendekati [kualitas] rival-rival yang berat itu,” kata Bagus.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Belum Sepakat Nilai UMK

      Sejumlah wilayah di Soloraya hingga Kamis (1/12/2022) belum berhasil mencapai kata sepakat dalam penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK/UMP).

      Tasnim Desak Densus 88 Beri Keterangan Terkait Terduga Teroris di Parangjoro

      Tim Advokasi Nahi Munkar (Tasnim) mendesak kepada Densus 88 untuk segera menyerahkan surat penangkapan dan penyitaan barang kepada keluarga

      Penghentian Siaran TV Analog Belum di Boyolali, Warga Bisa Nonton tanpa STB

      Siaran analog masih bisa ditonton terbukti dengan warga Desa Candigatak, Cepogo, Boyolali, Siti Khotijah, yang masih bisa mengaksesnya tanpa mengaktifkan set top box (STB) yang ia punya.

      Hari Ini, Siaran TV Analog Berhenti di Solo, ANTV Bagikan Tips bagi Pemirsa

      Stasiun TV ANTV memberikan tips menonton tayangan digital setelah pemerintah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Solo dan sekitarnya pada Jumat (2/12/2022).

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).