SOLOPOS.COM - Penampakan bus wisata Mabour yang akan segera dilaunching oleh Pemkot Madiun. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun dalam waktu dekat akan meluncurkan bus wisata atau Madiun Bus On Tour (Mabour). Bus wisata Mabour ini akan melayani seluruh wisatawan yang ingin menikmati berbagai destinasi wisata yang ada di Kota Madiun.

Bus wisata Mabour ini memiliki desain khusus yang unik dan berbeda dari bus pada umumnya. Warna bus wisata ini hitam dan dihiasi dengan gambar bunga warna-warni serta ada identitas Peceland.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berstatus Tahanan Kota, Terdakwa Kasus Bank UOB Solo Tetap Bekerja

Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun, Ansor Rasidi, mengatakan bus wisata Mabour ini terdiri dari tiga unit bus. Dua bus di antaranya jenis medium bus dan satu bus lainnya jenis microbus.

“Untuk jarak tempuh medium bus yaitu 21 km dan waktu tempuh 90 menit. Sedangkan microbus dengan jarak tempuh 18,2 km dengan waktu tempuh 80 menit,” kata dia kepada wartawan, Senin (6/7/2020).

Ansor menyampaikan tiga unit bus wisata ini akan melayani perjalanan wisata bagi seluruh wisatawan. Bus ini akan mengantar para wisatawan untuk menyusuri berbagai destinasi wisata di Kota Madiun. Seperti Masjid Kuno Kuncen, Masjid Taman, Tugu Pendekar Proliman, Busbow, Dumilah Park, hingga kawasan Jl. Pahlawan.

Pembalap Muda Inggris Ini Bisa Jadi Ancaman Serius di F1 2020

“Medium bus dan microbus ini memiliki rute yang berbeda. Tetapi saling berhubungan. Microbus mengantar wisatawan ke lokasi yang sulit dilalui oleh medium bus seperti di Masjid Kuncen dan Masjid Taman. Sedangkan medium bus akan mengantarkan wisatawan ke destinasi yang mudah dijangkau seperti di proliman, Busbow, dan Jl. Pahlawan,” jelasnya.

Segera Diluncurkan

Ansor menuturkan bus wisata Mabour ini rencananya bakal dilaunching oleh wali kota pada tanggal 14 Juli 2020 mendatang. Bus ini merupakan fasilitas yang diberikan kepada masyarakat secara gratis. Namun, bus ini baru beroperasi pada akhir pekan saja, yaitu hari Sabtu dan Minggu.

“Start awal bus ini dimulai di Terminal Purbaya pada pukul 09.00 WIB. Nanti bus ini akan berkeliling sesuai rute yang telah ditentukan,” ujar dia.

Jokowi Marah Jadi Bahan Gunjingan Negatif di Media Sosial

Namun, di masa pandemi Covid-19 ini, jumlah penumpang bus bakal dibatasi. Medium bus yang bisa menampung 31 orang nantinya hanya akan diisi maksimal 15 orang saja. Sedangkan untuk microbus yang berkapasitas 18 orang, nantinya hanya diisi delapan sampai sembilan penumpang saja. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi.

Lebih lanjut, Ansor menuturkan peluncuran bus wisata ini bertujuan untuk melayani masyarakat dalam menikmati destinasi wisata yang menarik di Kota Pendekar. Untuk sementara, operasional bus ini dilakukan secara terbatas. Pihaknya akan melihat animo masyarakat dalam memanfaatkan bus wisata ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya