SOLOPOS.COM - Pekerja di Mata Jiwa Studio, Pondok, Grogol, Sukoharjo, Selasa (25/1/2022), menyelesaikan lampion shio macan air untuk dipasang di depan Balai Kota Solo saat perayaan Imlek 2022. (Solopos-Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SUKOHARJO — Para pengrajin lampion ketiban rezeki menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2022. Salah satunya perajin di Mata Jiwa Studio, di Desa Pondok, Grogol, Sukoharjo, yang mendapatkan pesanan lampion berbentuk shio macan air dari Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) yang rencananya akan dipajang di depan Balai Kota Solo.

Pada Selasa (25/1/2022) saat Solopos.com menyambangi Mata Jiwa Studio tampak sejumlah pekerja menggarap satu lampion berbentuk dewa uang yang masih berbentuk kerangka. Sementara itu, dua lampion berukuran raksasa berbentuk shio macan air sudah tegak berdiri dan siap dipasang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pemilik Mata Jiwa Studio, Edi Cahyo Setiarto, mengatakan pesanan dari PMS memang ditujukan untuk memeriahkan perayaan Imlek 2022 setelah sebelumnya sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Asyik! Imlek di Solo Tahun ini Kembali Dimeriahkan 1.000 Lampion

Pada perayaan tahun ini, dia mendapatkan pesanan untuk membuat lampion shio macan air dengan ukuran sepanjang 5 meter dan tinggi 170 sentimeter. Untuk menyelesaikan pesanan lampion tersebut, dia bersama tim memerlukan waktu dua pekan dengan ritme kerja lembur.

“Kami dapat pesanan tiga lampion berukuran besar. Nanti semuanya akan dipasang di depan Balai Kota Solo. Bentuk lampionnya satu macan realistis, satu macan berbentuk kartun, dan satu lampion dewa uang. Untuk lampion macan ini memang disesuaikan dengan shio tahun 2022 ini kan macan air dan nanti yang dewa uang ini didesai bisa bergerak karena ada mekanik di dalamnya. Saat ini kami masih dalam proses merampungkan lampion yang dewa uang ini,” beber Edi ketika berbincang dengan Solopos.com di studionya.

Spot Foto Ikonik

Sesuai jadwal, Edi mengaku rencananya lampion-lampion yang dia buat akan mulai diinstalasi di Balai Kota Solo pada Rabu (26/1/2022). Nantinya, lampion tersebut akan berada di halaman depan sebagai salah satu spot foto ikonik saat pekan perayaan Imlek 2022 selain lampion di Pasar Gede Solo.

Baca juga: Beringin Balai Kota – Pasar Gede Solo Mulai Dipasangi Lampion Imlek

“Untuk kesulitan sebenarnya tidak ada karena kami sudah lama bekerja di bidang membuat patung. Kami sudah akan menyelesaikan ini, kami yakin bisa tepat waktu karena Rabu harus dipasang. Semoga bisa tepat waktu,” ucap dia.

Terkait usaha lampion dan patung yang digelutinya, Edi mengaku tidak terpengaruh dengan kondisi pandemi Covid-19. Bahkan pada pandemi lalu, dia mengaku justru mengekspor satu kontainer patung ke Eropa dan menginstalasi patung di sejumlah objek wisata dan taman di Indonesia.

“Bisnis ini memang segmented sekali. Tapi kami beruntung tidak terpengaruh sama sekali. Kami bahkan bisa ekspor. Yang terbaru kami sudah membuat dan menginstalasi patung di perbatasan Timor Leste dan Indonesia,” kata dia.

Baca juga: Kue Keranjang Imlek Solo: Biasa Bikin Sampai 7 Ton, Tahun Ini 2 Ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya