Keren, Gerakan Alumni SMAN 5 Solo Kumpulkan Rp250 Juta Jadi Dana Beasiswa
Ilustrasi sekolah. (Solopos-Whisnu Paksa)

Solopos.com, SOLO — Alumni SMAN 5 Solo berhasil membuat gerakan mengumpulkan dana Rp250 juta yang akhirnya digunakan sebagai dana beasiswa.

Program beasiswa ditujukan mereka yang akan menuntut ilmu di sekolah tersebut serta alumni yang hendak melanjutkan kuliah, namun tak punya biaya.

Pengumpulan dana tersebut adalah bentuk kegiatan Yayasan Bakti Alumni SMAN 5 Solo (YBAS). Ketua Umum YBAS Sudarto mengatakan pembentukan ikatan alumni tidak hanya untuk membangun sinergi antaralumnus, tetapi juga sebagai bentuk pengabdian masyarakat guna menuntaskan kemiskinan melalui pendidikan.

“Harapannya semakin banyak dukungan dan kontribusi dari semua alumnus, sudah ada 400 alumnus. Kalau saja 10% bisa berkontribusi, ini dapat membantu saudara kita,” kata Sudarto saat ditemui Solopos.com di SMAN 5 Solo, Senin (29/4/2019).

Misi YBAS sesuai dengan masyarakat Solo, yakni santun, guyub, dan berkontribusi. Dia senang karena banyak alumnus yang berniat hadir dalam acara sosial dan berniat untuk berkontribusi. ”Tiap tahun akan ada acara seperti ini, reuni kecil sambil berdonasi,” kata dia.

Penggalangan dana dilakukan untuk pendidikan. Dana yang telah terkumpul dari sokongan alumnus akan disalurkan kepada Kepala SMAN 5 Solo sebagai beasiswa, di antaranya bagi keluarga yang secara finansial tidak mampu untuk bersekolah di SMAN 5 Solo.

”Donasi yang terkumpul Rp250 juta. Kami akan salurkan melalui kepala SMAN 5 Solo senilai Rp85.818.750. Kami nantinya juga membantu alumnus SMAN 5 Solo yang ingin melanjutkan kuliah, tetapi tidak punya biaya,” ujar dia.

Kepala SMAN 5 Solo, Yusmar Setyobudi, mengaku YBAS sering membantu membayar tunggakan siswa SMAN 5 Solo. YBAS memberikan bantuan sesuai prioritas, disesuaikan kondisi keluarga dan kebutuhan calon penerima. “Saya berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat dan sedikit meringankan beban. Ada anak sekolah yang bapaknya buruh lepas dengan bayaran harian," ujarnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom