Keren! Fitur Hyundai Creta Melimpah

Selama perjalanan, Tim Ekspedisi Energi 2022 ditemani Hyundai Creta.

Minggu, 26 Juni 2022 - 22:09 WIB Penulis: Bayu Jatmiko Adi Editor: Rudi Hartono | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Hyundai Creta menjadi tunggangan Tim Ekspedisi Energi 2022 di beberapa daerah di Jawa Timur, Selasa (21/6/2022). Kendaraan itu memiliki banyak fitur.

Solopos.com, SURABAYA—Selama perjalanan, Tim Ekspedisi Energi 2022 ditemani Hyundai Creta. Dengan menumpangi kendaraan ini, dengan perjalanan jauh ekspedisi pun berjalan lancar dan nyaman.

Ekspedisi Energi 2022 digelar Solopos Media Group (SMG) yang didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, PT SHA Solo, Pertamina Patra Niaga, PT Geo Dipa Energi, Hyundai, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas, dan Dinas ESDM Jawa Tengah. Ekspedisi terbagi dalam dua wilayah yang melibatkan dua tim. Satu tim menjelajahi wilayah barat yang mencakup beberapa daerah di Jawa Tengah. Sedangkan, tim timur menjelajahi sejumlah daerah di Jawa Timur termasuk Madura.

Perjalanan ekspedisi dimulai dari Griya Solopos pada Senin (20/6/2022) lalu. Tim timur langsung menuju destinasi pertama, yakni garasi PT SHA Solo di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Kemudian dilanjut menuju Kantor Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) di Surabaya. SKK Migas tersebut membawahi wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa). Perjalanan dari Solo menuju Surabaya memakan waktu sekitar empat jam, karena tim sempat beristirahat di salah satu rest area.

Melaju di jalan tol dengan mobil ini terbilang cukup nyaman. Jika melihat dari sisi interior, mobil ini memiliki ruang duduk yang longgar, baik di bagian depan maupun belakang. Saat digunakan dengan kecepatan di atas 100 km/jam juga masih nyaman-nyaman saja.

Sementara dari sisi fitur, ada beberapa fitur yang menarik. Salah satu anggota Tim Ekspedisi Energi 2022 wilayah timur yang beberapa lama mengemudikan Hyundai Creta, Najmuddin Fadhil, mengatakan Hyundai Creta memiliki fitur Blue Link yang cukup membantu. “Dengan fitur ini, pengguna mobil bisa mengontrol kendaraannya dengan HP. Ini cukup membantu ketika misalnya tadi, saat mobil diparkir di parkiran, kita bisa menyalakan AC-nya dari luar mobil dengan kondisi mobil masih terkunci. Begitu kita sampai mobil dan mau masuk, mobil sudah dalam kondisi adem,” kata dia, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Kolaborasi Michelin Dan Hyundai Merancang Ban Mobil Listrik

Fitur lainnya adalah Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA) dan Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA) yang berfungsi baik. RCCA merupakan sebuah fitur yang mampu memberi peringatan apabila ada kendaraan di jalur belakang yang mendekat pada saat kendaraan mundur dan mengerem darurat jika diperlukan. Sedangkan, BCA memonitor blind-spot saat berkendara. Jika ada mobil yang terdeteksi di sekitar mobil, LED pada kaca spion akan menyala memberikan peringatan dan mengerem secara otomatis jika diperlukan.

“BCA dan RCCA cukup aktif membantu terutama untuk parkir atau di jalanan padat, misal sering ada motor mendadak. Kamera yang ada di bagian belakang mampu menangkap gambar dengan jernih,” lanjut pemuda yang akrab disapa Fadhil itu.

Tersedia pula drive mode, yakni eco, comfort, smart dan sport. “Ini membantu dalam pembatasan RPM. Mode eco membatasi RPM tetep rendah jadi lebih irit, sedangkan sport membuka limiter RPM jadi lebih bertenaga,” lanjut Fadhil.

Baca Juga: Ekspedisi Energi 2022 Dimulai, Ini Daftar Destinasinya

Fitur panoramic sunroof memberikan pengalaman tersendiri. Bahkan penumpang di bagian belakang pun mendapatkan pengalaman berbeda dengan adanya fitur ini. Terlebih saat melewati jalanan dengan pemandangan bagus. Seperti saat tim melewati Jembatan Suramadu. Dengan membuka sunroof, penumpang bisa melihat pemandangan dari atas mobil sehingga panorama yang tertangkap bisa lebih luas.

Satu hal yang disepakati tim, adalah keiritan konsumsi bahan bakar. “Untuk BBM ini cukup irit,” ucap Fadhil.

Hal yang sama juga disampaikan anggota tim lainnya, Martoyo. “Irit sekali. Bahkan kalau dibandingkan kendaraan lain di kelasnya, ini sangat irit,” kata dia.

Selain irit BBM , dia mengapresiasi adanya fitur keamanan Hyundai Creta. Misalnya, fitur Lane Following Assist (LFA). Di mana mobil ini memiliki kamera depan yang mampu melacak penanda garis jalur dan membantu menjaga kendaraan tetap aman di tengah jalur. Saat melintas di jalur tol, dengan fitur itu membantu mobil berjalan di jalurnya dan akan mengirim sinyal jika kendaraan melampaui garis atau markah jalan.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif