Keren, Desain Jembatan Unik Karya Mahasiswa UNS Solo Diwujudkan di Pati

Desain jembatan unik bikinan mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo dipakai untuk membangun jembatan di wilayah Kabupaten Pati.

 Desain jembatan karya mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo yang dipakai untuk membangun jembatan di Pati. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Desain jembatan karya mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo yang dipakai untuk membangun jembatan di Pati. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa S-1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menyumbangkan rancangan jembatan untuk dibangun di Kabupaten Pati. Jembatan bernama Bhima Juwana itu bakal menggantikan jembatan lama yang sudah tua dan rentan ambruk.

PromosiSpekulasi Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Jabatan Presiden Tamat

Desain yang disodorkan UNS merupakan rancangan jembatan yang keluar sebagai juara I pada Bridge Construction Competition di ajang D’Village 10th Edition. Bridge Construction Competition adalah wadah pengembangan kompetensi calon insinyur teknik sipil di bidang perencanaan jembatan yang kuat dan ekonomis.

Tim Semar Mustaqiim UNS yang merebut juara terdiri dari Dimas Luvi Zuniatama, Faza Bagus Fauzan dan Mario Hendrawan. Perwakilan Semar Mustaqiim, Dimas Luvi Zuniatama, mengatakan Jembatan Bhima Juwana menggunakan kombinasi bentuk jembatan tipe arch dan tipe truss.

Baca Juga: Libur Sekolah & ASN Solo Dipersingkat, Gibran: Biar Tak Pulang Kampung

Hal ini agar timbul kesan estetik dari jembatan yang didesain mahasiswa UNS Solo itu. Selain itu, tipe Arch-Truss berpengaruh pada pendistribusian beban ke lengkung jembatan.

Tipe ini juga meminimalkan adanya buckling atau kegagalan struktur dalam mempertahankan bentuk asli. Dimas mengatakan jembatan itu rencananya dibangun di Jl Sudirman Sel 1, Bumirejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati.

Bentuk Arch dan Truss

“Bentuk arch itu seperti busur, bentuk truss merupakan bentuk geometri segitiga yang saling tersusun. Kedua geometri ini kami gabungkan sehingga jembatan memiliki busur, tapi masih ada kombinasi bentuk segitiga di desain jembatannya,” terang Dimas, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: 3 Backhoe Ratakan Rumah Warga di Bantaran Rel KA Nusukan Solo

Desain jembatan kreasi mahasiswa UNS Solo itu telah memperhatikan pemilihan elemen dan pemilihan geometri yang dinilai cocok. Hal ini mengingat kompetisi mengharapkan peserta mendesain jembatan yang kuat tapi efisien.

Tim Semar Mustaqiim juga telah memperhitungkan keamanan jembatan melalui analisis struktur. Mereka menganalisis secara manual pada kondisi tekuk, lentur, geser dan lain-lain. “Kami juga memperkuat kebenaran hitungan dengan pemodelan menggunakan perangkat lunak,” imbuh Dimas.

Dalam pelaksanaannya, metode sliding dipilih dengan mempertimbangkan optimalisasi jembatan. Metode ini dilakukan dengan menggeser jembatan menggunakan roller dan peralatan lain. Metode ini dinilai cocok lantaran tidak membutuhkan bangunan tower crane yang terlalu banyak.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Jaga Kesehatan, Pegawai Kantor Imigrasi Surakarta Gelar Fun Bike

Fun bike selain untuk menjaga kesehatan pegawai Kantor Imigrasi Surakarta juga merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72.

IDI Sukoharjo Pantau Perkembangan Kasus Harian Covid-19

Pemerintah diharapkan terus menggenjot capaian vaksinasi dengan target sasaran beragam kelompok masyarakat di Sukoharjo.

Siswa Positif Covid-19, PTM di 2 SMPN di Klaten Disetop

Terdapat satu siswa positif Covid-19 masing-masing di SMPN 1 Karangnongko dan SMPN 1 Kemalang Klaten.

Sopir Kaget Disalip Ditanjakan, Pikap Angkut Ribuan Telur Masuk Jurang

Mobil pikap pengangkut ribuan telur ayam yang dikemudikan warga Sukoharjo masuk jurang di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Hari Bhakti Imigrasi, Menkumham Yasonna Apresiasi Inovasi Keimigrasian

Menkumham Yasona meminta agar jajaran Imigrasi di seluruh Indonesia terus meningkatkan Profesionalisme dan Integritas dalam menjalankan Tugas Negara.

8 Boks PJU di Sumberlawang Dibobol Maling, Dishub Rugi Jutaan Rupiah

Pencuri menggondol sejumlah perangkat dari delapan boks lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan Sumberlawang-Purwodadi.

Disambati Bupati Sragen soal Kemiskinan, Ini Jawaban Wagub Taj Yasin

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, menyebut Sragen tidak masuk daerah dengan kemiskinan ekstrem di Jateng. Namun masuk zona merah di Jateng.

Prihatin Kasus Narkoba Tinggi, Kejari Solo Terjun ke Sekolah-Sekolah

Prihatin dengan angka kasus penyalahgunaan narkoba yang tinggi, Kejari Solo turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada pelajar untuk menjauhi narkoba.

14 Sertifikat Baru Lahan Terdampak JLT Sukoharjo Belum Terbit

Penerbitan sertifikat tanah yang baru setelah pelepasan hak karena terdampak JLT Sukoharjo mengacu pada ketentuan yang diatur di bidang agraria dan tata ruang.

Bupati Sragen Sambat ke Wagub Soal Angka Kemiskinan yang Tak Juga Turun

Bupati Sragen sambat ke Wagub Jateng. Ia mengaku sudah mengeluarkan anggaran banyak untuk mengentaskan kemiskinan namun angkanya tidak turun, justru naik.

Jual Minyak Goreng Rp14.000/Liter, Toko di Pasar Legi Solo Ini Diserbu

Toko Leo Jaya di lantai II Pasar Legi Solo diserbu pembeli yang antre untuk mendapatkan minyak goreng seharga Rp14.000/liter.

Jangan Macam-Macam, Kejari Karanganyar Kini Punya Satgas Mafia Tanah

Kejari Karanganyar telah membentuk Satgas Mafia Tanah sesuai instruki Kejaksaan Agung.

Dikeluhkan Warga, Tempat Karaoke di Wanglu Disegel Satpol PP Klaten

Penutupan itu dilakukan karena keberadaan karaoke dan kafe tersebut dinilai telah melanggar peraturan daerah (perda).

Penyebab Minyak Goreng Rp14.000 Sulit Diterapkan di Pasar di Boyolali

Diharapkan permasalahan harga minyak goreng di pasar tradisional dapat diselesaikan sehingga pedagang dapat menjual minyak dengan harga yang sama di toko retail.

Ribuan Tenaga Honorer di Karangamyar Terancam Nganggur

Para tenaga honorer di Karanganyar resah dengan kebijakan pemerintah pusat yang akan menghapuskan status mereka mulai tahun depan.

Bhayangkari Polres Wonogiri Diminta Berani Laporkan Kasus KDRT

Bantuan hukum terhadap kasus KDRT seperti mencegah, menindak pelaku, dan melindungi korban dijamin oleh negara.