Keren! Bikers Aceh Ini Rela Terjang Banjir Demi Ikuti Honda Bikers Day di Ambarawa

Honda Bikers Day 2019 digelar di Ambarawa, Kabupaten Semarang.

 Pengunjung Honda Bikers Day 2019 tengah melihat stan Honda Modif Contest 2019 di venue Lapangan Jendral Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/11/2019) malam. (Solopos-Chrisna Caniscara)

SOLOPOS.COM - Pengunjung Honda Bikers Day 2019 tengah melihat stan Honda Modif Contest 2019 di venue Lapangan Jendral Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/11/2019) malam. (Solopos-Chrisna Caniscara)

Solopos.com, SEMARANG - Jika ada niat, pasti ada jalan. Pepatah itu tampaknya benar-benar diresapi Murdani saat berkendara menuju Honda Bikers Day (HBD) 2019 di Lapangan Panglima Besar Jendral Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/11/2019).

Ini pengalaman pertama pemuda asal Aceh itu menyambangi ajang kumpul komunitas pecinta Honda se-Nusantara tersebut. Tak main-main, Murdani harus melahap rute ribuan kilometer dengan motor matic, Honda Beat, untuk sampai tujuan.

Semangat Dani dan seorang rekannya membuncah saat membayangkan bisa bertemu banyak rekan bikers di perjalanan maupun di Kota Palagan, julukan Ambarawa. Pagi itu, 13 November, dia memutuskan “ngegas” bermodalkan duit Rp5 juta yang dikumpulkan selama setahun dari usaha kedai kopinya di Tanah Rencong. Namun belum juga mengendara jauh, Dani langsung mendapat rintangan berat yang sempat membuatnya patah semangat.

Motornya mogok sehabis menerabas banjir setinggi lutut orang dewasa. Waktu itu luapan air bah memang baru saja melanda enam kabupaten di Negeri Serambi Mekah. “Ada banjir, motor kami masuk lubang. Mesin, knalpot, semuanya kemasukan air jadi harus dibongkar. Kami sempat mikir, mau ke HBD sekali saja kok begini. Kami sempat sedih,” ujar lelaki 22 tahun itu saat ditemui wartawan di venue HBD, Sabtu.

Namun kebulatan tekad membuat dia kembali meneruskan perjalanan. Setelah mampir di bengkel, anggota Beat One Heart Aceh Club (BORCA) itu menggeber lagi tunggangannya menuju Pekanbaru. Di perjalanan, Dani bertemu Darul Ambiya dkk. yang juga tengah touring menuju HBD.

Darul dan kedua rekannya merupakan awak Komunitas Scoopy Tamiang Aceh. Kelima bikers itu kemudian berkendara bersama menuju Ambarawa. Dani sampai lebih dulu pada 26 November, sedangkan Darul dkk. dua hari setelahnya.

“Setelah rintangan di Aceh ternyata tidak ada halangan berarti di sisa perjalanan. Kami malah kerap bertemu dan ngobrol seru dengan kawan-kawan bikers. Ternyata istilah “saudara tanpa KK” itu benar-benar ada,” ujar Dani yang hanya perlu servis motor dua kali untuk sampai di venue HBD ke-11.

Darul Ambiya menambahkan hampir di setiap kota komunitas bikers menyambutnya dengan tangan terbuka. Bahkan tak jarang mereka menawari Darul cs. untuk menginap sejenak. Disinggung tantangan dalam touring, Darul membeberkan sejumlah rute ekstrem di Sumatra. “Jalanan di sana lebih terjal dibanding Jawa,” ujar Darul yang kali kedua mengunjungi HBD.

Di tengah mayoritas bikers laki-laki, tak sedikit lady bikers yang menyambangi HBD di Ambarawa, salah satunya Nurhilwida, 48. Ibu tiga anak ini mengendarai Honda Beat bersama 16 bikers dari berbagai komunitas di Palembang. Sehari-hari menjadi ibu rumah tangga, jangan remehkan ketahanan fisiknya ketika menunggangi kendaraan.

Penasihat Paguyuban Asosiasi Honda Motor Palembang ini bahkan menjadi satu dari sedikit bikers yang tak pernah absen dari HBD sejak penyelenggaraan pertama di Pangandaran, 2009. “Dari HBD pertama sampai ke-11 Alhamdulillah tidak pernah ada kendala berat. Kalau capai ya pasti, tapi itu langsung terlupakan ketika bertemu saudara bikers dari banyak daerah,” ujar Hilda, sapaan akrabnya.

HBD 2019 sedikitnya menyedot 30.000 bikers dari Pulau Jawa, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi untuk berpartisipasi. Selain menjadi ajang silaturahmi, HBD memiliki acara dan fasilitas seperti kontes modifikasi motor, ruang pamer (garage area), rumah persaudaraan hingga panggung hiburan yang dimeriahkan Via Vallen.

“HBD sudah menjadi kebanggaan bangsa karena sudah menjadi ruang silaturahmi antarkultur dan komunitas motor se-Nusantara,” ujar Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Pikap Legendaris 2 Tak, Suzuki ST20 alias Trungtung Dibanderol Hingga Rp26 Juta

Pikap legendaris keluaran Suzuki jenis ST20 berjuluk Trungtung masih ramai mewarnai pasar mobil bekas online dan ditawarkan hingga harga Rp26 juta.

Bersihkan Jamur Kaca Mobil, Cara Ini Bisa Anda Lakukan di Rumah

Pilihan cara membersihkan jamur kaca mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Waduh! Jasa Pembuatan SIM Mejeng di Beberapa Marketplace

Penawaran jasa pembuatan SIM nongol di beberapa marketplace, hal ini menuai kritik dari warganet.

Soal Vlog Bikin SIM di Polsek, Mantan Menteri KKP Susi Unggah Klarifikasi

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengunggah video klarifikasi atas video sebelumnya yang viral karena mengurus SIM mati 20 tahun di Polsek Pangandaran.

Kode Keras Layanan Samsat dan SIM Berbau Pungli, Warga Surat Presiden Jokowi

Dengan kalimat sindiran pembalap kelas dunia sulit dapat SIM A dan C di Indonesia, warganet bikin surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

Pengumuman! Mobil LCGC akan Kena PPnBM Mulai Bulan Depan

Pemerintah akan mulai mengenakan PPnBM pada mobil mura atau LCGC mulai 16 Oktober 2021.

Belajar dari Kasus Avanza Berpelat Putih Viral, Tidak Semua Lebih Cepat Lebih Baik

Tak semuanya bisa lebih cepat lebih baik, terbukti aksi pengemudi Toyota Avanza di Jakarta mendahului berlakunya aturan pelat nomor justru kena teguran polisi.

Presiden Jokowi: Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Satu-satunya di Asia Tenggara

Bermodal memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, mimpi menjadi produsen baterai listrik terbesar diyakini Presiden Jokowi bakal terwujud tiga hingga lima tahun ke depan

Pabrik Mobil Listrik Indonesia Segera Beroperasi, Paling Lambat Mei 2022

Produksi mobil listrik bakal dimulai di Indonesia maksimal Mei tahun depan.

Daftar Harga Yamaha Vega Seperti Koleksi Presiden Jokowi di Kota Solo

Daftar harga lengkap Yamaha Vega 2001 seperti koleksi Presiden Joko Widodo, di Kota Solo.

Skema Hitung PPnBM Berubah, Update Harga Mobil Tunggu Kalkulasi

Ketentuan perhitungan PPnBM berdasarkan emisi dan kebutuhan BBM pada mobil mendorong para pelaku pemasaran mengkalkulasi lagi untuk menyusun harga baru.

Bahaya Tabrakan di Udara? Inilah Sistem Operasi Taksi Terbang yang Diperkenalkan EHang

Konsep pada sistem operasi taksi terbang yang diperkenalkan EHang tetap membutuhkan rute, lokasi lepas landas, pendaratan dan lokasi operator.

Ternyata Presiden Jokowi Masih Koleksi Yamaha Vega

Presiden Jokowi ternyata masih mengoleksi satu motor jenis Yamaha Vega tahun 2001.

Heboh Taksi Terbang, Ini Rekam Jejak EHang dari China

Heboh taksi terbang dari perusahaan teknologi China yang bakal menjalani uji coba terbang di Bali, Oktober mendatang.

Penampilan Ronaldo Menunggang Lamborghini Urus

Pemain yang kembali bergabung di Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo membuat cerita dengan tunggangannya Lamborghini Urus