Keren! Aplikasi Jelajah Sukoharjo Diganjar Penghargaan Smart Branding

Pemkab Sukoharjo memperoleh penghargaan Gerakan Menuju Smart City kategori Smart Branding untuk aplikasi Jelajah Sukoharjo yang berisi beragam informasi mengenai Kabupaten Makmur.

 Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan (kiri), menyerahkan penghargaan kategori smart branding kepada Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, saat Indonesia Smart City Conference di International Convention Exhibition (ICE) di Tangerang, Selasa (14/2/2021). (Istimewa/Humas Pemkab Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan (kiri), menyerahkan penghargaan kategori smart branding kepada Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, saat Indonesia Smart City Conference di International Convention Exhibition (ICE) di Tangerang, Selasa (14/2/2021). (Istimewa/Humas Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO – Aplikasi Jelajah Sukoharjo mengantar Kabupaten Sukoharjo meraih penghargaan Gerakan Menuju Smart City kategori Smart Branding. Aplikasi berbasis Android tersebut menjadi panduan informasi wisata, produk unggulan, tempat ibadah, dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Penghargaan Gerakan Menuju Smart City kategori Smart Branding diserahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terhadap para kepala desa se-Indonesia saat menghadiri Indonesia Smart City Conference di International Convention Exhibition (ICE) di Tangerang, Selasa (14/2/2021).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sukoharjo, Suyamto. Jelajah Sukoharjo merupakan aplikasi yang dibuat Diskominfo Sukoharjo pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Dongkrak Literasi Pajak, DJP Jateng Buka Tax Center di Univet Sukoharjo

Aplikasi berbasis Android itu berisi beragam informasi potensi wisata dan produk unggulan di Sukoharjo. Misalnya, wisata kuliner, alam, dan budaya yang tersebar di 12 kecamatan.

“Tim penilai dari Kementerian Kominfo melakukan observasi langsung dengan menggunakan aplikasi Jelajah Sukoharjo. Aplikasi Jelajah Sukoharjo menjadi objek penilaian Smart Branding,” kata Kepala Diskominfo Sukoharjo, Suyamto, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (15/12/2021).

Bagi para pelancong yang ingin membeli suvenir bisa mengakses Jelajah Sukoharjo untuk mencari lokasi pembuatan produk unggulan seperti jamu, gamelan, gitar, dan kerajinan rotan. Selain itu ada sentra kerajinan jamu di wilayah Kecamatan Nguter, sentra kerajinan rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, dan sentra kerajinan gamelan Jawa di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Baca Juga: Pedagang Kuliner Anjing Ingin Jualan di Sukoharjo Wajib Punya TDU

Terpuruk Akibat Pandemi

Tak hanya itu, wisatawan yang melakukan perjalanan darat bisa memanfaatkan aplikasi Jelajah Sukoharjo untuk mencari lokasi tempat ibadah dan SPBU. “Kami ingin mendorong sektor pariwisata di Sukoharjo bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19. Aplikasi Jelajak Sukoharjo bagian dari upaya pemerintah untuk menggairahkan sektor pariwasata,” ujar dia.

Suyamto menyampaikan aplikasi Jelajah Sukoharjo tak hanya diperuntukkan para wisatawan melainkan masyarakat dengan beragam latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Ke depan, aplikasi itu bakal dikembangkan dengan memperbarui konten dan penambahan fitur seperti fasilitas umum.

Disinggung ihwal gerakan smart city, Suyamto menambahkan Sukoharjo menjadi salah satu daerah yang melaksanakan gerakan smart city pada 2018.

Baca Juga: Nataru, Polres Sukoharjo Buka 3 Pos Pemantauan Mobilitas Warga

“Program 100 smart city menyasar pemerintah daerah yang telah menyiapkan berbagai infrastruktur informasi teknologi, sumber daya manusia [SDM] serta regulasi yang mengatur kebijakan itu. Nah, Sukoharjo dipilih sebagai daerah implementasi smart city karena telah memenuhi kriteria tersebut,” paparnya.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyatakan teknologi informasi tak hanya digunakan untuk inovasi pelayanan publik melainkan pengembangan ekonomi daerah. Pembangunan ekonomi digital dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi.

Esensi program smart city mencakup berbagai aspek kehidupan yang berimplikasi pada percepatan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).