Keren! 9 Siswa SMP Wakili Sragen di Kompetisi Sains Nasional Tingkat Jateng

Sembilan orang siswa SMP bakal mewakili Kabupaten Sragen dalam ajang Kompetisi Sains nasional (KSN) untuk pada Oktober 2021 mendatang.

 Tiga orang siswa belajar matematika di laboratorium komputer SMP Dimsa untuk persiapan maju KSN matematika tingkat Provinsi Jateng, Jumat (24/9/2021). (Istimewa/SMP Dimsa)

SOLOPOS.COM - Tiga orang siswa belajar matematika di laboratorium komputer SMP Dimsa untuk persiapan maju KSN matematika tingkat Provinsi Jateng, Jumat (24/9/2021). (Istimewa/SMP Dimsa)

Solopos.com, SRAGEN — Sembilan orang siswa SMP bakal mewakili Kabupaten Sragen dalam ajang Kompetisi Sains nasional (KSN) untuk mata pelajar matematika, IPA, dan IPS pada Oktober mendatang.

Tiga siswa di antaranya berasal dari SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (Dimsa) untuk KSN matematika, siswa lainnya berasal dari SMPN 1 Sragen, SMPN Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, dan SMP Baitul Quran Sragen.

Mereka ditunjuk mewakili Sragen karena berhasil memenangi juara I, II, dan III KSN Tingkat Kabupaten Sragen yang diumumkan Kamis (23/9/2021). Ketiga siswa SMP Dimsa itu terdiri atas Hanifah Fitri Ramadhani peraih juara I, Ahmadan Sauqi Zhahir peraih juara II, dan peraih juara III Fajri Ahmad Habibi.

Baca Juga: Selamat! Sragen Raih Penghargaan Parahita Ekapraya dari Kemen PPPA

Pejabat Humas SMP Dimsa, Kristanto, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (24/9/2021), menyampaikan KSN tersebut digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sragen. Dia menjelaskan peserta KSN seluruh sekolah SMP se-Indonesia tetapi diambil juara per kabupaten/kota dalam babak penyisihan tingkat kabupaten/kota. Dia menerangkan selanjutkan KSN akan digelar tingkat provinsi dan akhirnya nanti tingkat nasional.

“Tiga siswa itu persiapan untuk maju ke KSN matematika tingkat Provinsi Jateng pada Oktober mendatang. Mereka dibimbing oleh guru matematika supaya bisa berhasil di tingkat provinsi. Kebetulan untuk wakil KSN matematika semua dari SMP Dimsa karena juara I sampai III diraih siswa SMP Dimsa. Untuk KSN IPA dan IPS dimenangkan oleh siswa dari sekolah lain,” katanya.

Kristanto menerangkan dalam persiapan menghadapi KSN tingkat provinsi tidak ada karantina belajar untuk siswa. Dia menjelaskan karena SMP Dimsa sudah berbasis pesantren maka bimbingan yang dilakukan lebih bisa intensif karena siswa tinggal di asrama pesantren. Dia menerangkan kadang kala mereka belajar sampai larut malam.

“Dimsa ini banyak prestasi yang diraih para siswa. Sampai-sampai Dimsa ini dijuluki sebagai pondoknya para juara,” ujarnya.

Baca Juga: Masjid Tertua di Sragen Ini Simpan Pusaka dari Raja Keraton Solo PB IV, Begini Ceritanya

Kepala SMPN 1 Sragen, Wiyono, menyampaikan ada lima siswa SMPN 1 Sragen yang akan mewakili Sragen ke tingkat provinsi dalam ajang KSN IPA dan IPS. Dia menyebut tiga siswa yang akan maju dalam KSN IPS terdiri atas Natasya Ayu Kirani siswi Kelas IX, Zahwa Ayu Anastasya siswi Kelas IX, dan Bercahaya Laksana Bintang dari Kelas VIII.

Sedangkan untuk siswa yang akan maju ke KSN IPA, sebut Wiyono, terdiri atas Jonathan Kevin Devano dari Kelas IX dan Mitchel Jeremy Ben Aryanto dari Kelas VIII.S


Berita Terkait

Berita Terkini

Maulid Nabi Muhammad, Syariah Hotel Solo Gelar Kajian Karyawan

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh tepat pada Selasa (19/10/2021), manajemen Syariah Hotel Solo melaksanakan kegiatan kajian karyawan.

Tanpa Penata Busana Pribadi, Ini Rahasia Cantik Selvi Ananda

Gaya busana Selvi Ananda selalu match dan terlihat anggun meskipun menggunakan aksesoris yang terkesan sederhana.

Waspadai Covid-19 Gelombang ke-3, Reisa Gencarkan 3M dan 3T di Solo

Pemerintah mulai gencar menggalakkan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) serta 3T (tracing, testing, treatment) jelang libur panjang Natal dan tahun baru.

Pemkab Klaten Gandeng Tokoh Agama untuk Serukan Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyadari besarnya pengaruh tokoh agama kepada masyarakat.

Bersarung, Berpeci, Pakai Koko Putih, Gibran Peringati Hari Santri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memimpin upacara peringatan HSN di Plaza Balai Kota, Jumat (22/10/2021) mengenakan sarung, peci, dan baju koko warna putih.

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.

Terungkap, Tuduhan Selingkuh Jadi Pemicu Perkelahian Maut Sahabat Karib

Dalam pengaruh miras, Trimo diduga menuding pelaku, yakni Soleman, yang juga mabuk, telah berselingkuh dengan istrinya. Keributan terjadi yang berujung pada pembacokan.

Ini Dia Juara Mas Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021

Zaki Adi Saputra dan Fransiska Ervin P.N terpilih sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021 yang diselenggarakan Pemkab Sukoharjo.

Korban Tak Lapor, Polres Klaten Tetap Selidiki Pembegalan di Ngawen

Meski sudah diminta, bakul karak yang jadi korban pembegalan di Ngawen, Klaten, enggan melapor ke polisi. Biar begitu, polisi tetap menyelidiki kasus tersebut.

Cerita Pak RW Antar Pembunuh Sahabat di Klaten, Naik Motor ke Polsek

Warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Soleman, 65, menyerahkan diri ke Polsek Jogonalan setelah membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, diantar Ketua RW.