Keren! 4 Siswa SD Klaten Bikin Robot yang Bisa Ikut Upacara Bendera
Robot buatan beberapa bocah kelas IV SD di Klaten saat mengikuti upacara menyambut HUT ke-75 RI di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Autobot School di Jl. Kopral Sayom No. 23, Jetak Kidul, Karanganom, Klaten Utara, Kamis (13/8/2020) pukul 08.30 WIB. (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Empat siswa SD asli Klaten membikin empat robot yang bisa mengikuti upacara bendera. Empat robot tersebut bisa dikatakan memiliki "jiwa nasionalisme tinggi".

Buktinya, keempat robot tersebut mengikuti upacara bendera Merah Putih dengan khidmat di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Autobot School. Upacara digelar di LKP Autobot di Jl. Kopral Sayom No. 23, Jetak Kidul, Karanganom, Klaten Utara, Kamis (13/8/2020) pukul 08.30 WIB.

Empat robot dengan sikap sempurna berjajar di tempat upacara. Di hadapan robot itu terdapat tiang lengkap dengan bendera Merah Putih yang siap dikibarkan.

Perubahan Adminduk Dibutuhkan Warga Plumbungan Sragen

Robot-robot itu dikendalikan empat bocah yang menjadi pembuatnya. Masing-masing Cornelius Yope/Lius, 9 (kelas IV SD Krista Gracia Klaten); Hilal Dastan Anka/Hilal, 9 (kelas IV SD d'Vastu Klaten; Adiyatma Faturahman/Adit, 9 (kelas IV SDN 2 Butuhan, Delanggu); dan Muhammad Eko Pujianto/Eko, 9 (kelas IV SDN 2 Butuhan, Delanggu).

Sebanyak tiga robot yang dikendalikan melalui remote/telefon seluler (ponsel) bertindak sebagai komandan kompi. Ketiga robot ini dikendalikan Hilal, Adiyatma, dan Muhammad.

Sedangkan, satu robot lainnya bertindak sebagai komandan upacara dan dikendalikan Cornelius. Satu robot lain yang berperan sebagai instruktur upacara dikendalikan seorang praktik kerja lapangan (PKL) di LKP Autobot Klaten, yakni Putri, 18, siswi SMK Leonardo Klaten).

Ramalan Cuaca Hari Ini: Solo Berawan, Wonogiri-Karanganyar Hujan

Pengibaran Bendera secara Otomatis

Pengibaran bendera di tiang bendera dilakukan secara automatis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pemrograman pengibaran Merah Putih itu dilakukan Cornelius.

Meski peserta upacara adalah robot, upacara menyambut HUT ke-75 RI ini dilaksanakan seperti upacara pada umumnya. Ada pula pembacaan teks proklamasi dan pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Selain itu, robot peserta upacara menyanyikan lagu wajib Hari Merdeka, pembacaan doa, dan sebagainya.

Survei BPS: Hanya 3 dari 10 Warga Solo Rutin Pakai Masker

Robot-robot itu sudah dibuat bocah SD di Klaten beberapa waktu lalu. Sebelum diikutkan dalam upacara menyambut kemerdekaan RI, Cornelius dan kawan-kawannya telah menggelar geladi kotor dan geladi bersih. Pelaksanaan upacara juga dihadiri para orang tua siswa.

"Ide awal upacara yang diikuti robot ini bermula dari munculnya pandemi Covid-19 dan momentum HUT ke-75 RI. Meski pandemi Covid-19, anak-anak tetap berkreativitas menyambut hari Kemerdekaan RI. Bentuknya membuat robot yang bisa melakukan gerakan hormat [termasuk gerakan lain yang menunjang pelaksanaan upacara]. Saya menantang anak-anak melakukan hal itu," kata Direktur LKP Autobot School Klaten, Agur Yake Mulia, saat ditemui wartawan di sela-sela pelaksanaan upacara, Kamis (13/8/2020). Keren ya!



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom