SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Rencana Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat membuat kantor perwakilan di Malaysia bakal dimatangkan bulan ini. Sampai saat ini, pihak Keraton Solo menunggu laporan dari negara yang bersangkutan.

“Kami masih menunggu laporan perkembangan apa saja yang ada di sana (Malaysia),” kata Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Kasunanan Surakarta, KP Eddy Wirabhumi, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (1/2/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Eddy mengatakan berbagai persiapan dan komunikasi terus dilakukan. Dengan adanya komunikasi yang berkelanjutan, pihaknya mengharap pembukaan kantor perwakilan Keraton Solo dapat diterima dengan baik dan warga Malaysia juga mengetahui secara resmi.

“Komunikasi berikutnya nanti pekan ketiga di bulan ini. Kita persiapkan dengan matang dan meninjau lokasinya,” terang Eddy.

Saat ditanya apakah sudah dibangun kantor perwakilan di Malaysia, Eddy mengatakan masih dalam tahap pembahasan.

“Maka dari itu sampai sekarang kita belum bisa mengambil keputusan. Baru konfirmasi terus, laporannya seperti apa di sana,” jelasnya.

Pihaknya hanya menegaskan akan mendirikan tiga kantor perwakilan di luar negeri. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya praktik jual-beli gelar kehormatan yang mengatasnamakan Keraton Solo.

“Sampai sekarang kami saling berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Malaysia yang ada di Indonesia serta sebaliknya. Nanti kami juga komunikasi dengan Yang Dipertuan Agung [Raja Malaysia] agar semuanya siap,” terangnya.

Selain melakukan komunikasi dengan kedutaan besar serta Raja Malaysia, keraton saat ini juga sedang mempersiapkan sejumlah sarana prasarana untuk kantor perwakilan.

Sementara itu, kerabat keraton, KRMH Satryo Hadinagoro, mengatakan setuju dengan pendirian kantor perwakilan di Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya