SOLOPOS.COM - Sejumlah pelajar menjemur bendera saat pencucian bendera merah putih masal di kompleks SMK Bhumi Phala Parakan Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022). Sedikitnya 3.400 pelajar SD, SMP dan SMA dari sejumlah sekolah mengikuti acara mencuci bendera merah putih masal untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI sekaligus untuk menumbuhkan nasionalisme dan cinta NKRI. ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Solopos.com, SOLO — Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI). Untuk merayakan hari bersejarah itu, biasanya masyarakat menuliskan ucapan yang dipasang pada baliho, poster, maupun status di media sosial.

Namun, belakangan ini masih banyak ditemukan penulisan HUT RI yang keliru dalam menyusun kalimat.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Misalnya saja, menuliskan HUT RI ke-77, HUT Indonesia ke-77, selamat ulang tahun Indonesia yang ke-77, hingga Dirgahayu ke-77Indonesia.

Kalimat ucapan tersebut kurang tepat. Lalu, bagaimana cara penulisan HUT ke-77 RI yang benar?

Baca Juga: Daftar 10 Film tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, dirgahayu merupakan berumur panjang, biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadinya. Sehingga kurang tepat, untuk menyematkan kata dirgahayu di awal kalimat ucapan HUT ke-77 RI.

Berikut ini kumpulan cara penulisan HUT ke-77 RI yang benar.

Baca Juga: Mengenang Sejarah Kemerdekaan RI, Siapa Penulis Teks Proklamasi?

  1. HUT ke-77 RI.
  2. Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
  3. Peringatan Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.
  4. Selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.
  5. Dirgahayu Republik Indonesia.
  6. Dirgahayu RI.

Baca Juga: Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak, Dijamin Seru!

Selain dengan penulisan yang benar, Anda juga menampilkan logo HUT-77 RI yang telah diluncurkan oleh Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg). Logo HUT ke-77 RI tersebut diluncurkan Sekretariat Negara melalui akun Instagram @kemensetneg.ri.

Hanya ada dua warna dari visualisasi logo HUT ke-77 Republik Indonesia, yakni merah dan putih, dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. 

Masyarakat dapat mengunduhnya melalui link download logo HUT RI ke-77 yang disediakan oleh Kementerian Sekretariat Negera Republik Indonesia (Kemensetneg RI), yakni di bit.ly/PedomanHUT77RI atau bisa juga scan barcode di akun Instagram @kemensetneg.ri.

Baca Juga: Deretan Artis yang Lahir 17 Agustus, Bertepatan Hari Kemerdekaan RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya