SOLOPOS.COM - Pandji Pragiwaksono. (Instagram/Pandji.Pragiwaksono)

Solopos.com, JAKARTA–Komika Pandji Pragiwaksono mengaku rindu melawak saat zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal itu diketahui dari video yang diunggah ke Youtube oleh akunnya pada Rabu (28/7/2021).

Promosi Program BRInita Sulap Lahan Sempit Jadi Urban Farming yang Produktif

Pandji mengungkapkan melawak pada zaman SBY lebih leluasa karena tidak ada yang tersinggung ketika melontarkan kelakar bernada kritik terhadap pemerintah.

“Gue enggak menyangka sama sekali, tetapi harus diakui, sebagai pelawak, gue kangen sama zamannya SBY. Zaman-zaman tersebut kita masih bisa menertawakan presiden, menertawakan pemerintahan,” tuturnya sambil menyebut hal yang sama tidak dapat terjadi di era Soeharto seperti dikutip Bisnis.

Komentar Pedas

Pandji yang mengawali kariernya sebagai penyiar radio ini memang dikenal dengan materi lawakan politiknya.

Jadi kerap kali, Pandji menerima komentar pedas dari sejumlah tokoh yang merupakan pendukung pemerintah.

Yang terbaru, mantan Ketua Brisan Relawan Jokowi Presiden Ferdinand Hutahean yang kebakaran jenggot menanggapi obrolan Pandji dengan salah satu podcaster Indonesia, Adriano Qalbi yang mengkritik kinerja Presiden Joko Widodo.

“Kalau gue enggak pernah ngapa-ngapain untuk Indonesia, apakah itu artinya gue enggak boleh tertawa-tawa, bercanda sama teman, enggak boleh menertawakan Indonesia, enggak boleh menertawakan Presiden,” ungkapnya.

Baca Juga: Doa SBY Agar Pemerintah dan Masyarakat Dapat Atasi Pandemi 

Hal ini banyak berdampak pada komedian karena tidak dapat menyampaikan materi komedi yang mengkritik akibat malas berurusan dengan pemerintahan.

Namun, dia mengklarifikasi bahwa ini bukan berarti efek dari presidennya sendiri melainkan fanatisme dari para pendukung Jokowi.

Hal ini juga berarti bukan pujian bagi SBY.

“Sosok Pak Jokowi yang beda banget dan kelihatan dekat membuat orang lain terlibat dalam politik. Bukan hanya memilih tetapi benar-benar supaya orang ini menang sehingga rasa memiliki orang-orang terhadap pemerintahan ini jauh lebih besar daripada sebelumnya,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya