SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil listrik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dengan kehadiran Toyota Kijang Innova Zenix bermesin hybrid beberapa waktu lalu, masyarakat dibuat penasaran dengan perbedaan mobil listrik dengan hybrid. Bahkan, ada juga juga menganggap dua teknologi tersebut adalah sama.

Apalagi saat ini mobil listrik menjadi tren di dunia otomotif. Hal ini terjadi semenjak adanya era elektrifikasi kendaraan yang muncul karena adanya isu pemanasan global, polusi udara hingga ketersediaan bahan bakar minyak yang menipis.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Dari isu global tersebut era mobil hybrid dan listrik pun dimulai. Di mana tujuan awal adalah menekan emisi udara sebagai pencegahan pemanasan global.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, banyak yang beranggapan mobil listrik dan hybrid adalah sama. Padahal hal tersebut salah besar, mobil listrik dan hybrid berbeda. Terus, apa perbedaaannya?

Baca Juga: Jangan Asal! Begini Urutan Potong Kuku Menurut Islam

Mengutip Auto2000 dan Autofun, mobil hybrid adalah kendaraan yang mengabungkan mesin konvensional berbahan bakar minyak dan listrik yang disokong baterai. Baik mesin konvensional dan listrik, saling berpadu dalam menggerakkan mobil.

Pengaturan penggerak mobil masing-masing mobil hybrid berbeda beda. Sebagai contoh ada yang saat mobil bergerak lambat, maka sumber tenaganya menggunakan motor listrik. Saat itu mesin bensinnya non aktif, baru ketika mobil berjalan dengan kecepatan di atas atas 40 km/jam, mesin bensin berfungsi menggerakkan mobil sambil melakukan pengisian ulang baterai.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Link WhatsApp dengan Mudah, Bisa Langsung Chat Tanpa Simpan Nomor

Berbeda dengan mobil hybrid, mobil listrik merupakan kendaraan yang berjalan dengan daya listrik murni sehingga tidak ada mesin bensin dengan bahan bakar bensin di dalam mobil listrik. Pengisian daya listrik disimpan dalam baterai kemudian disalurkan ke motor listrik untuk menggerakkan roda.

Jadi sumber energi murni hanya mengandalkan dari pengisian daya listrik saja melalui Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ada juga yang bisa diisi daya di rumah.

Baca Juga: Dari Mana Sebenarnya Kebaya Berasal? Ini 3 Versi Ceritanya

Nah, sudah paham kan perbedaan antara mobil listrik dengan hybrid?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya