Kerap Ada Kesurupan Massal di Pantai Widuri, Ini Sebabanya

Pantai Widuri terletak di Desa Widuri, Kabupaten Pemalang. Masyarakat sekitar  lebih mengenalnya dengan sebutan Desa Clincing. Pantai ini terletak di sebelah barat Kelurahan Sugih Waras dan sebelah timur Desa Dana Sari.

 Pantai Widuri (Instagram/@pantai_widuri)

SOLOPOS.COM - Pantai Widuri (Instagram/@pantai_widuri)

Solopos.com, PEMALANG — Pantai Widuri terletak di Desa Widuri, Kabupaten Pemalang. Masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Desa Cilincing. Pantai ini terletak di sebelah barat Kelurahan Sugih Waras dan sebelah timur Desa Dana Sari.

Asal usul penamaan pantai ini diambil  dari kisah legenda Nyi Widuri, seorang wanita cantik jelita di desa tersebut. Melasnir dari laman Instagram @misteripemalang, Kamis  (20/5/2021),  legenda ini menceritakan seorang wanita yang berjanji setia kepada suaminya bernama Ki Pedaringan, yang sedang pergi berperang.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Nyi Widuri berjanji tidak menerima seorang tamu laki-laki demi menjaga hati sang suami. Namun ternyata pada suatu hari, Nyi Widuri bertemu dengan laki-laki yang tertancap keris di perutnya dan Widuri merawatnya hingga sembuh.

Baca Juga : Ngeri! Gunung Gajah Pemalang Punya Kerajaan Siluman Terbesar

Namun setelah laki-laki itu pergi, keris yang tertancap di perutnya tertinggal di rumah Widuri. Tiba sang suami kembali dari perang dan ia terkejut melihat gelas bekas yang diminum seseorang.  Sang  suami bertanya kepada Nyi Widuri dan dia beralasan kalau gelas itu bekas diminum seorang nelayan.

Sang suami tidak percaya dengan alasan Widuri hingga akhirnya Widuri  nekat menusukan keris yang tertinggal itu ke tubuhnya sebagai lambang kesetiaan kepada sang suami.

Ia berkata kalau darah yang keluar berwarna merah, maka dia telah menepati  janjinya dan jika darah yang keluar berwarna biru, berarti sebaliknya. Dan ternyata darah yang keluar adalah darah biru dan darah tersebut membasahi kembang widuri yang ada di meja.

Baca Juga : Pemerintah Kabupaten Pemalang Bakal Patenkan Nanas Madu

Widuri tewas bersimbah darah biru juga mengenai  bunga  di meja. Singkatnya desa tempat tinggal Nyi Widuri dinamakan Desa Widuri dan pantainya juga diberi nama Pantai Widuri. Tempat di mana kisah kesetiaan pasangan suami istri dibuktikan dengan sebuah nyawa.

Kisah Ki Pedaringan dan Nyi Widuri ini akhirnya meninggalkan sebuah mitos bahwa pasangan yang mengikat janji di pantai itu akan abadi sampai akhir hayat.

Meskipun memiliki kisah legenda yang mengharukan dibalik penamaan pantai, sisi kemistisan Pantai Widuri juga terasa kuat dimana pernah terjadi kesurupan masal yang dialami oleh beberapa pengunjung. Diceritakan waktu itu ada pengunjung yang berkemah di pantai itu dan salah satu anggota kemahnya yang seorang perempuan membuang pembalut sembarangan, saat itulah terjadi kesurupan massal.

Baca Juga: Pedagang Pantai Widuri Pemalang Jalani Rapid Test

Setelah ditelusuri jejak sejarahnya, rupanya di sebelah kanan pinggiran pesisir yang ada pepohonan rindang, adalah tempat kuburan masal para korban perisitiwa pada tahun 1965. Tercatat  ada 12 warga yang ditembak dan kemudian dikubur secara massal di  sana.

Meskipun belum diketahui secara jelas keterkaitan antara peristiwa penembakan masal pada tahun 1965 dengan insiden kesurupan, kejadian mistis ini kerap terjadi di area Pantai Widuri ini.

Sumber: Instagram @misteripemalang

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bagikan Cokelat, Cara Polres Salatiga Sosialisasikan Nomor Layanan Aduan

      Brosur yang dibagikan kepada masyarakat bukan hanya tentang Layanan 110, namun juga berisi informasi layanan publik yang ada di Polres Salatiga berupa pembuatan SIM, SKCK, tata cara pelaporan di SPKT dan layanan sidik jari Sat Reskrim.

      Desa Conto Wonogiri Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022 untuk Kategori Ini

      Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri didapuk sebagai desa wisata terbaik Jateng 2022 untuk kategori Sapta Pesona dan CHSE.

      Lima Kata Khas Semarangan, Nomor Satu Kasar bin Agresif

      Berikut lima kata-kata yang menjadi ciri khas bahasa daerah Semarang atau Semarangan.

      Selamat! Desa di Banyumas Ini Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Wisata Pekunden di Kabupaten Banyumas dinobatkan sebagai desa wisata terbaik atau meraih juara pertama dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (Jateng) 2022.

      Solidaritas, Napi & Sipir Lapas Semarang Galang Dana bagi Korban Gempa Cianjur

      Napi dan sipir Lapas Kedungpane Semarang menggelar doa bersama dan menggalang dukungan bagi korban gempa Cianjur.

      225 Pemuda Jateng Ditempa Jadi Pebisnis di Salatiga

      Yayasan Plan Indonesia dan SPPQT memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ratusan pebisnis muda asal Jateng di Salatiga.

      Miris, Gaji Guru Madrasah di Blora Rp50.000 per Bulan

      Gaji guru madrasah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), disebut masih jauh di bawah kesejahteraan yakni Rp50.000 per bulan.

      Kongres Ulama di Jepara Berakhir, Ini 8 Rekomendasi untuk Pemerintah Jokowi

      Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II yang digelar di Jepara, Jateng, telah resmi berakhir dengan menghasilkan 8 rekomendasi.

      Janjikan Bisa Lolos CPNS, Guru PNS di Grobogan Dilaporkan ke Polisi

      Dua PNS, di mana salah satunya guru SMP dilaporkan ke polisi atas dugaan penipuan penerimaan CPNS di Kabupaten Grobogan.

      Selamatkan Lahan Kritis, Pemprov Jateng Tanam Jutaan Pohon

      Pemprov Jateng telah melakukan penanaman jutaan pohon sebagai upaya menyelamatkan lahan kritis.

      Sopir Ambulans di Ambarawa Jadi Korban Pembunuhan, Pelaku Diduga Perempuan

      Seorang sopir ambulans di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, diduga menjadi korban pembunuhan seorang perempuan.

      Truk Salip Truk di Jalan Kudus-Pati, Pengendara Vario Jadi Korban

      Kecelakaan maut melibatkan truk tronton dengan pengendara sepeda motor Vario terjadi di Jalan Kudus-Pati, Kabupaten Kudus.

      Warga Belum Terima Ganti Rugi Tol Semarang-Demak, PPK: Tidak Ada Nama Suparwi

      Seorang warga Desa Pulosari, Kecamatan Karangtengah, Demak, mengeklaim belum mendapatkan uang ganti rugi atas tanah yang digunakan pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi II.

      Hilang Sejak Kamis, Kakek asal Grobogan Ditemukan Meninggal di Sawah

      Seorang kakek berusia 64 tahun asal Grobogan ditemukan meninggal dunia di area sawah dalam posisi tergeletak.

      Kebut Proyek Tol Semarang-Demak, Gubernur Ganjar Bentuk Tim Khusus

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membentuk tim khusus untuk mempercepat pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi I.