SOLOPOS.COM - Logo Kulonprogo/dok

Logo Kulonprogo/dok

KULONPROGO—Kerajinan minuman alami berbahan baku bunga rosela di Agrowisata Imorenggo terancam gagal berproduksi. Salah satu terobosan produk minuman segar oleh masyarakat ini terkendala perizinan dari Dinas Kesehatan Kulonprogo.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Akibat belum mengantongi izin produk, pemasaran pun akhirnya hingga saat ini belum bisa dilakukan. Jangankan untuk pemasran, sekadar membuat label produk pun pengrajin belum berani membuat.

“Saya cukup prihatin dengan kondisi itu padahal awalnya warga sudah cukup antusias karena berhasil menemukan sebuah produk unggulan yang diyakini bisa meningkatkan perekonomian,” ujar Kepala Dusun Imorenggo, Solikhin, kepada Harian Jogja, Minggu (16/12/2012).

Dia menuturkan kalau pengajuan izin produksi sempat diajukan kepada pemangku kepentingan. Hanya saja sampai kini, Dinkes masih melirik sedikit pun potensi produk unggulan ini. Dinkes pernah memberikan syarat tentang batasan minimal produksi awal minuman kemasan tersebut untuk bisa dikeluarkan izin produksinya.

Selebihnya dinas baru akan menguji kelayakan tentang mutu dan kualitas minuman tersebut aman atau tidaknya untuk dikonsumsi manusia. “Kalau baru tahap awal untuk uji produk saja harus memproduksi skala agak besar, kemampuan kami tak cukup. Modal kami saja pas-pasan,” lanjut Solikhin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya