SOLOPOS.COM - Korban keracunan Sukoharjo dirawat di RS. (Mahardini NA/JIBI/SOLOPOS)

Korban keracunan Sukoharjo dirawat di RS. (Mahardini NA/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO–Sebanyak 49 warga dari sejumlah desa di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, keracunan seusai menyantap hidangan pesta ulang tahun ke-5, putri dari pasangan Suparman, 38 dan Nuriningsih, 34, warga Dukuh Dimoro RT 001/RW 004, Desa Tangkisan, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, Jumat (19/4/2013).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ditemui Solopos.com  secara terpisah di ruang perawatan Mawar RSUD Sukoharjo, Suparman, 38, mengaku siap bertanggung jawab atas musibah yang menimpa warga dan keluarganya ini. Kedua anak Suparman saat ini juga menjalani perawatan di RSUD Sukoharjo.

“Saya siap bertanggung jawab atas musibah ini. Saya sendiri sudah pasrah. Maksud saya hanya ingin menyenangkan anak. Biasanya juga membuat acara kendurian di rumah tidak masalah, baru kali ini ada kejadian seperti ini. Kebetulan si kecil minta ulang tahun kelimanya dirayakan seperti teman-temannya. Jadi saya buatkan acara. Malah ada musibah,” tuturnya.

Bidan Desa Tangkisan, Suryanti, ketika ditemui Solopos.com di Balai Kesehatan Tangkisan, yang difungsikan sebagai Posko Darurat Keracunan Makanan, Minggu pagi, mengatakan sebagian besar korban terdiri atas anak-anak yang menyantap hidangan pesta.

Meski sebagian besar korban terdiri atas anak-anak, menurut Suryanti, orangtua dan saudara korban yang turut menyantap hidangan juga ikut menderita gejala mirip keracunan makanan.

“Gejalanya perut mulas, muntah, diare, pusing dan lemas. Kebanyakan korban mulai merasakannya Jumat malam. Sabtu [20/4] pagi banyak warga yang berdatangan ke sini dan saya rujuk ke rumah sakit karena kondisinya sudah dehidrasi,” bebernya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kejadian bermula pada Jumat pagi, keluarga Suparman membagikan 45 porsi nasi kuning lengkap dengan lauk dan makanan ringan kepada teman sekelas putrinya, orangtua/pengantar murid dan guru kelas A RA Akbar Tawangsari. Siswa, guru dan pengantar mendapatkan sebungkus makanan.

Pada Jumat siang, keluarga Suparman juga mengadakan pesta potong kue ulang tahun dan membagikan makanan serupa kepada 26 warga Dukuh Dimoro, Desa Tangkisan, Kecamatan Tawangsari.

Anak-anak yang tinggal di sekitar rumah, tetangga dan kerabat mendapatkan satu boks makanan nasi kuning, makanan ringan dan potongan kue ulang tahun.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Posko Darurat Keracunan Makanan Desa Tangkisan, Minggu (21/4/2013) pukul 15.00 WIB, menyebutkan jumlah korban yang mengalami gejala mirip keracunan makanan tercatat 49 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya