SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa SDN 1 Bangak Kecamatan Banyudono, Boyolali, yang mengalami keracunan berisitirahat di salah satu ruang kelas, Selasa (15/3/2016). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Keracunan makanan Boyolali terjadi di SDN 1 Bangak Banyudono.

Solopos.com, BOYOLALI–Lima puluhan siswa SDN 1 Bangak Kecamatan Banyudono mengalami keracunan makanan yang diduga berasal dari jajanan mi ayam bakso milik seorang pedagang keliling yang berjualan di lingkungan sekolah, Selasa (15/3/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para siswa mengalami mual, pusing, dan muntah-muntah. Dari puluhan siswa yang mengalami keracunan, satu di antaranya Reinata, siswa kelas IV, harus dirujuk ke RSUD Banyudono. Gejala keracunan diketahui pihak sekolah setelah sejumlah siswa kelas I dan II atau menjelang pulang sekolah, mengalami muntah-muntah.

“Sekitar pukul 10.00 WIB siswa kelas I dan II kan sudah mau pulang sekolah, tiba-tiba satu dua anak muntah-muntah, terus disusul siswa yang lainnya,” kata guru kelas V SDN 1 Bangak, Suwarno, saat ditemui Solopos.com, di sekolah, Selasa.

Jumlah siswa yang mengalami muntah-muntah terus bertambah hingga merata di semua kelas. Pihak sekolah tidak berani memastikan bahwa siswa keracunan jajanan mi ayam bakso. Namun, siswa yang sakit memuntahkan mi yang diduga berasal dari jajanan mi ayam bakso tersebut.

“Jumlahnya mencapai 50-an anak. Begitu kejadian kami langsung menghubungi Puskesmas Banyudono I agar diperiksa dokter,” kata Kepala SDN 1 Bangak, Paryana.

Tiga dokter datang dan memberikan penanganan secara medis kepada siswa yang mengalami keracunan. Seorang dokter dari Puskesmas Banyudono I, Tri Ratnawati, membenarkan siswa mengalami keracunan makanan. Untuk penanganan awal, semua siswa diberi obat penyerap racun.

“Siswa yang sudah muntah-muntah kondisinya sudah lebih baik. Ada satu yang harus dirujuk ke rumah sakit karena terus menerus muntah-muntah sampai dehidrasi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya