Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

 Petugas Puskesmas Juwangi saat mengukur tinggi badan anak beberapa waktu lalu. Puskesmas Juwangi mengeluarkan program Kepiting untuk menangani stunting. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Petugas Puskesmas Juwangi saat mengukur tinggi badan anak beberapa waktu lalu. Puskesmas Juwangi mengeluarkan program Kepiting untuk menangani stunting. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI–Puskesmas Juwangi meluncurkan program Kolaborasi Edukasi Gizi dan Pendampingan Intensif Stunting atau yang disingkat Kepiting. Program tersebut bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

Petugas Gizi Puskesmas Juwangi, Akhirasrini, mengatakan dengan program Kepiting, ia optimistis angka stunting di Juwangi akan turun.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Balita kami undang, kemudian kami kasih kebutuhan gizi, kalori contoh menu kemudian didampingi oleh kader setempat. Untuk pemantauan berat badan tiap minggu [pekan], kalau tiap bulan di Posyandu kami ukur tinggi badannya,” jelasnya ketika berada di Kantor Kecamatan Juwangi, Selasa (4/10/2022).

Lebih lanjut, Akhirasrini menyebutkan penyebab kasus stunting di Juwangi adalah pola asuh masyarakat yang mayoritas anak tidak mau makan.

Ia menceritakan dengan program Kepiting ini membuat masyarakat senang karena merasa anak lebih detail diperhatikan.

Sementara itu, Camat Juwangi, Hari Haryanto, mendukung program Kepiting yang ada di wilayahnya tersebut. Ia mengatakan program Kepiting akan memberikan edukasi untuk masyarakat jika penanganannya stunting dimulai dari calon pengantin.

“Calon pengantin wajib untuk paham tentang bagaimana nanti punya anak dan sebagainya itu, kemudian lewat ibu hamil bagaimana pemberian makanan gizi,” jelasnya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (4/10/2022).

Hari juga mengatakan pemberian tambahan gizi untuk anak berumur enam hingga 23 bulan perlu diperhatikan. Caranya, lanjut dia, dengan cara mendatangkan dokter dari Puskesmas untuk memantau dan mengecek secara rutin perkembangan kondisi kesehatan anak.

Ia menyebutkan pengecekan anak secara rutin tersebut akan terus dilaksanakan hingga usia lima tahun. Hari juga menekankan, program penanganan harus masuk anggaran desa.

“Ke depan dengan kasus stunting yang tinggi nanti bisa selesai dan tidak ada kasus lagi di Juwangi. Kami berharap masyarakat Juwangi bisa tumbuh menjadi generasi generasi yang tidak kerdil, generasi yang cerdas dan berkecukupan. Boyolali yang lebih sejahtera mendukung visi misi Bupati,” kata dia.

Berdasarkan data dari Puskesmas Juwangi pada 2022, angka kasus stunting di kecamatan paling utara di Boyolali pada anak umur 0 sampai 23 bulan berjumlah 68 anak. Kemudian, anak umur 24 hingga 59 bulan berjumlah 195 anak. Sehingga total angka kasus stunting di Kecamatan Juwangi pada 2022 sejumlah 263 anak atau 12,6%.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Kisah Pendiri Sardi Elektro di Boyolali, Penyandang Disabilitas Daksa Mandiri

      Penyandang disabilitas daksa di Boyolali, Sardi, berhasil mengajak para penyandang difabel untuk berkarya di bidang servis elektro.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Hujan Lebat Siang

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Petir

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Puluhan Ribu Orang akan Mangayubagyo Tasyakuran Pernikahan Kaesang di Solo

      Polda Jateng memastikan tidak ada penutupan jalan selama pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina yang diperkirakan akan dihaadiri puluhan ribu orang.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Sedang

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda simak di sini.