SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenaga kerja asing. (JIBI/Solopos/Antara)

Kependudukan Madiun mencakup juga WNA yang tinggal di Kota Gadis. Dispendukcapil Kota Madiun melayani mereka juga sebagai upaya untuk memastikan mereka punya penanggung jawab.

Madiunpos.com, MADIUN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun mencatat tidak banyak warga negara asing (WNA) atau bule tinggal di Kota Gadis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dispendukcapil Kota Madiun Midi Hartono melalui Kasi Kependudukan Dispendukcapil Kota Madiun Supriyono, mengatakan hanya 13 bule dari berbagai negara di dunia yang tinggal atau menetap di Kota Madiun. Belasan bule tersebut, lanjut dia, telah melakukan prosedur sesuai peraturan dengan mendaftar ke Dinspendukcapil Kota Madiun.

“Sekitar 13 WNA yang terdaftar tinggal di Kota Madiun. Mereka masih tercatat sebagai WNA, namun bertempat tinggal di Kota Madiun karena beragam kepentingan,” kata Supriyono didampingi Sekretaris Dispendukcapil Kota Madiun Nono Djatikusumo, kepada Madiunpos.com di Kantor Dispendukcapil Kota Madiun, Senin (16/11/2015).

Supriyono menerangkan belasan bule yang mendaftarkan diri ke Dispendukcapil Kota Madiun tersebut cenderung memiliki rencana untuk tinggal di Kota Gadis dalam waktu yang cukup lama. Menurut dia, WNA yang akan singgah dalam waktu sebentar atau dalam hitungan hari di Kota Madiun untuk tujuan wisata, bisnis, dan lain sebagainya tidak usah mendaftarkan diri ke Dispedukcapil Kota Madiun.

“Kami hanya menerbitkan surat untuk mereka [bule] sebagai tindaklanjut dari izin yang diberikan Kantor Imigrasi. Lamanya waktu para bule tinggal di Kota Madiun sudah tercantum dalam berkas keterangan yang diberikan Kantor Imigrais. Jadi kami hanya memastikan bule ini punya sponsor atau penanggung jawab selama tinggal di Kota Madiun,” papar Supriyono.

Supriyono mengatakan belasan bule tinggal menyebar di berbagai kecamatan di Kota Madiun. Disinggung daftar lokasi tempat tinggal dan tujuan kehadiran mereka di Kota Madiun, dia mengaku tidak mempunyai informasi tersebut. Supriyono hanya memastikan berkas keterangan tersebut telah tersimpan dalam sistem data Dispendukcapil Kota Madiun.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya