SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wonogiri melayani pemohon administrasi kependudukan (adminduk) di kantor dinas setempat. Foto diambil belum lama ini. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Kependudukan Jateng mencatatatkan lonjakan atas jumlah penduduk yang pindah ke provinsi ini.

Semarangpos.com, SEMARANG — Minat orang untuk pindah tinggal ke wilayah Provinsi Jawa Tengah melebihi minat orang untuk pindah ke DKI Jakarta yang merupakan ibu kota negara. Perpindahan penduduk dari daerah lain ke Jateng hingga pertengahan 2017 ini mencatatkan lonjakan jika dibandingkan pada tahun 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada periode 1 Januari-5 Juli 2017, tercatat sudah mencapai 142.634 orang, jumlah itu telah melampaui data perpindahan penduduk dari provinsi lain ke Provinsi Jateng sepanjang 2016, yaitu 106.074 orang,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah Sudaryanto di Kota Semarang, Kamis (6/7/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, berdasarkan data tersebut, maka bisa diartikan minat orang untuk datang ke Provinsi Jateng sangat tinggi, bahkan melebihi jumlah orang yang pindah ke DKI Jakarta. Ia menyebutkan, hal paling utama masyarakat melakukan hal itu karena dorongan faktor ekonomi.

“Biasanya di kota besar lebih menjanjikan hidup layak, kesempatan kerja lebih banyak, fasilitas pendidikan lebih lengkap, infrastruktur lebih baik, dan modernisasi,” ujarnya. Selain itu, imbuhnya, jumlah upah minimum yang kompetitif, serta banyaknya investasi yang masuk ke Provinsi Jateng memungkinkan membuat minat masyarakat untuk melakukan perpindahan kependudukan relatif tinggi.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah mencatat, pasca-Lebaran 2017 banyak masyarakat yang melakukan urbanisasi pindah kependudukan ke Jakarta pada 3-5 Juli 2017 yakni sebanyak 1.487 jiwa, sedangkan warga Jateng yang pindah ke kabupaten di provinsi lain sejumlah 7.666 jiwa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya