KEPEGAWAIAN KLATEN : UPT Disdik Dihapus, Bagaimana Nasib 52 Pejabatnya?

KEPEGAWAIAN KLATEN : UPT Disdik Dihapus, Bagaimana Nasib 52 Pejabatnya?

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PNS (JIBI/Solopos/Antara)

Sekitar 52 pejabat UPT Disdik Klaten terancam kehilangan jabatan menyusul  penghapusan UPT yang merupakan amanat Permendagri.

Solopos.com, KLATEN -- Pemkab Klaten masih menyiapkan rencana penghapusan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan (Disdik) di tiap kecamatan Permendagri No. 12/2017 tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan UPTD.

UPT Disdik bakal diganti menjadi koordinator wilayah. Keberadaan unit itu akan dihapus dan kepala sekolah akan berhubungan langsung dengan Disdik. Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan Pemkab masih mengkaji keluar Permendagri yang mendasari itu. Salah satunya soal penempatan para pejabat UPT Disdik.

“Kami masih kaji karena memang aturan dari pemerintah pusat akan dihapus. Kami masih siapkan segala sesuatunya. Pejabat kepala UPT Disdik masih kami kaji akan ditempatkan pada posisi yang pas di mana,” kata Mulyani saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (18/2/2018).

Kabag Organisasi Setda Klaten, Masruri, mengatakan Pemkab masih menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang UPTD. Setelah ada penghapusan UPT Disdik, Pemkab akan membentuk koordinator wilayah.

“Jadi istilahnya nanti UPT Disdik akan dijadikan koordinator wilayah. Tupoksi [tugas pokok dan fungsi] termasuk ASN semuanya melaksanakan tugas. Namun, kalau kemarin ada kepala UPT Disdik, nanti menjadi koordinator wilayah. Dulu pakai eselon nanti tidak ada eselon,” katanya.

Ia belum bisa memastikan kepala UPT Disdik secara otomatis menjadi koordinator wilayah. Kewenangan soal kepegawaian berada di tangan Bupati serta Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD). “Kalau kami hanya membuat wadahnya,” kata dia.

Kepala BKPPD Klaten, Surti Hartini, menjelaskan rencana penghapusan UPT Disdik masih menunggu perbup. Ia menjelaskan pegawai akan ditata setelah ada perbup yang membubarkan UPT Disdik.

Di Klaten, ada 26 UPT Disdik. Di setiap UPT Disdik, ada jabatan kepala UPT Disdik selevel pejabat eselon IV A dan kasubag tata usaha selevel pejabat eselon IV B. Alhasil, ada 52 pejabat di UPT Disdik yang menunggu kejelasan nasib setelah UPT dihapus.

Surti menjelaskan ada beberapa pilihan penempatan pejabat UPT setelah lembaganya dihapus. Mereka bisa dialihkan ke jabatan fungsional asal memenuhi syarat. Pilihan lain mereka ditempatkan ke jabatan struktural.

Ia menuturkan hasil pemetaan BKPPD, dari 52 pejabat UPT Disdik, hanya ada tiga pejabat yang berpotensi ditempatkan ke jabatan fungsional. Ia tak menampik para pejabat UPT Disdik yang tak memenuhi syarat menduduki jabatan fungsional atau struktural berpotensi nonjob.

“Kalau itu [nonjob] alternatif terakhir. Namun, semuanya itu tergantung kebijakan Bupati. Yang jelas masih menunggu perbup,” katanya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)

Warga Wonogiri Diimbau Silaturahmi Virtual, Tapi Banyak yang Masih Tatap Muka

Tradisi silaturahmi secara tatap muka pada momentum Lebaran tidak bisa sepenuhnya hilang, meski masyarakat sudah diimbau untuk melaksanakannya secara virtual.

Kepolisian Kulonprogo Lakukan Penyetopan Pedagang Daging Anjing

Aksi penyetopan pedagang daging anjing di Kabupaten Kulonprogo ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Kareem Abdul-Jabbar Jadi Nama Penghargaan NBA

NBA memberi kehormatan kepada Kareem Abdul-Jabbar menjadi nama award Kareem Abdul-Jabbar Social Justice Champion.