Kepatuhan Lapor SPT Pajak di Kanwil DJP Jateng Capai 77,58%

Tingkat kepatuhan penyampaian surat pemberitahuan (SPT) tahunan tahun pajak 2020 di lingkup Kantor Kanwil DJP Jawa Tengah II mencapai 77,58%.

 Ilustrasi baliho SPT Pajak. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi baliho SPT Pajak. (Antara)

Solopos.com, SOLO— Tingkat kepatuhan penyampaian surat pemberitahuan (SPT) tahunan tahun pajak 2020 di lingkup Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah II mencapai 77,58% dari target sebanyak 890.034 SPT.

Angka wajib pajak yang telah melaporkan SPT tahunan pada 2021 ini meningkat 6% jika dibandingkan pada periode yang sama pada 2020.

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Slamet Sutantyo, mengatakan dari segi kepatuhan penyampaian SPT tahunan tahun pajak 2020, WP yang telah melaporkan pada 2021 sampai dengan 30 Juni 2021 adalah sebanyak 690.487 SPT atau mencapai rasio sebesar 77,58% dari target sebanyak 890.034 SPT.

“Jumlah ini meningkat sebesar 39.314 SPT atau 6% jika dibandingkan pada periode yang sama pada 2020, yakni sejumlah 651.173 SPT,” ujar dia, kepada wartawan, belum lama ini.

Baca Juga: BSI Muda Galakkan Sedekah 3 In 1, Sekali Bantu Untuk UMKM, Isoman, dan Ojol

Slamet menjelaskan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di lingkup Kanwil DJP Jateng II dengan capaian SPT tahunan paling tinggi adalah KPP Pratama Kebumen, yakni 111,31%. Dalam hal ini, target SPT tahunan KPP Pratama Kebumen sebanyak 80,896 SPT, sementara capaiannya adalah 90,042 SPT.

Di wilayah Soloraya KPP dengan penyampaian SPT tahunan tertinggi adalah KPP Madya Solo sebesar 95,70%. Target pelaporan SPT tahunan KPP Madya Solo sebanyak 1.783 SPT, sementara capaiannya 1.706 SPT. Sedangkan di level KPP Pratama capaian tertinggi, yakni KPP Pratama Boyolali sebesar 74,71% (45.236 SPT dari target 60.547 SPT).

Setelah itu disusul KPP Pratama Karanganyar 73,8% (71.490 SPT dari target 96.871 SPT) dan KPP Pratama Sukoharjo 70,92% (77.586 SPT dari target 109.392 SPT). Capaian terendah penyampaian SPT tahunan di wilayah Soloraya adalah di KPP Pratama Solo sebesar 70,66%, yakni sebanyak 50.484 SPT dari target 71.443 SPT.

“Di masa pandemi terutama selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat [PPKM], kami mengatur strategi agar kegiatan pelayanan, kehumasan, dan penyuluhan, tetap berjalan, tetapi dengan dengan tetap memperhatikan keselamatan pegawai dan WP,” ungkap dia.

Baca Juga: KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

Media Sosial

Strategi yang diterapkan Kanwil DJP Jateng II, antara lain mengalihkan layanan tatap muka ke layanan daring, edukasi secara langsung ke edukasi daring, mengoptimalkan sarana kehumasan seperti media sosial dan media cetak untuk memberikan edukasi secara tidak langsung kepada WP.

Selain itu, membuka saluran komunikasi semaksimal mungkin minimal 10 kanal saluran terdiri dari telepon, Whatsapp, email, dan kanal lainnya yang memudahkan WP untuk menghubungi KPP/KP2KP.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jateng II, Wiratmoko, menambahkan dari 18 unit instansi vertikal yang ada di Kanwil DJP Jawa Tengah II, 12 di antaranya melakukan kebijakan pengalihan layanan tatap muka.

“Jumlah total saluran komunikasi yang tercatat aktif sampai hari ini adalah 179 saluran komunikasi yang terdiri dari dari 34 saluran telepon, 77 saluran chat, 50 saluran media sosial, dan 18 saluran email. Selain itu kegiatan edukasi pun dialihkan menjadi secara daring dengan memanfaatkan teknologi seperti Zoom Meeting,” jelas dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

DSC 12 Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

Diplomat Success Challenge atau DSC 12 punya cara unik untuk menggugah masyarakat untuk terlibat dalam kompetisi tahunan ini.

Jika Bukan Listrik, Bahan Bakar Nabati Bisa Jadi Alternatif untuk Kendaraan Berat

Untuk mencapai emisi rendah karbon di sektor transportasi, bahan bakar nabati (BBN) dan hidrogen dinilai mempunyai peran sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan berat.

Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Ini yang Dilakukan PLN untuk Memudahkan Pelanggan selama Pandemi

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile.

Kian Terjangkau, Tarif Tes Antigen di Stasiun jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menerapkan tarif baru untuk layanan rapid tes antigen di stasiun dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan.

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Kembangkan Potensi Diri, Telkomsel Gelar Webinar untuk Guru dan Pelajar

Telkomsel Area Jawa Bali menggelar webinar bertemakan Asyik Bersama Digital Maksimal dengan Merdeka Belajar.

Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan sejumlah KA jarak jauh.

Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

BTS x Built NY Project menggandeng Kopi Kenangan menjadi distributor resmi dan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sharp Dukung PMI dan Rumah Sakit Terapkan Informasi Berbasis Digital

Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI untuk menampilkan informasi stok darah dalam waktu nyata.

Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo untuk program dukungan UMKM.

Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

Turun Banyak Sis! Ini Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini, Jumat 24 September 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Jumat (24/9/2021) terpantau turun dibandingkan harga kemarin.

Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Harga jual eceren bahan bakar minyak di Indonesia disebut masih lebih murah jika dibandingkan kebnyakan negara-negara tetangga yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Matahari Kota Bogor Resmi Tutup Operasional, Ini Penjelasan Manajemen

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup atau menghentikan operasional salah satu gerainya yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.