SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo didesak segera mengisi kekosongan jabatan kepala sekolah (Kepsek) di sejumlah SD, SMP dan SMA/SMK negeri di Kota Bengawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rangkap jabatan Kepsek yang saat ini terpaksa dilakukan untuk menutup sementara kekosongan posisi tersebut, dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja pegawai yang bersangkutan.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa mengemukakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo seharusnya bisa mengantisipasi kekosongan jabatan Kepsek tersebut sejak awal agar prosesnya tidak terlalu lama.

Meskipun tidak mengetahui secara rinci datanya, Teguh mencatat sekolah yang saat ini belum memiliki Kepsek definitif jumlahnya mencapai puluhan, baik itu tingkat SD, SMP ataupun SMA/SMK negeri.

“Sebagian besar jabatan Kepsek yang kosong itu dijabat oleh Plt (pelaksana tugas-red) atau ada Kepsek yang merangkap jabatan. Sebagai contoh, Kepsek di RSBI dijabat oleh Pak Thoyibbun (Kepsek SMAN 1 Solo-red),” terangnya ketika ditemui wartawan di Gedung Dewan, Senin (30/1).

Diakui Teguh, jabatan Kepsek yang kosong tersebut sebagian besar karena banyak pegawai yang telah pensiun. Menurutnya, pengisian kekosongan jabatan Kepsek itu dinilai cukup mendesak. “Kalau dengan kondisi rangkap jabatan Kepsek semacam ini, kami khawatir kinerja pegawai yang bersangkutan dalam mengkoordinasi program-program di sekolahnya tidak optimal. Apalagi sebentar lagi siswa-siswa harus menghadapi ujian,” imbuh dia.

Senada disampaikan anggota Komisi IV DPRD Kota Solo, Reny Widyawati. “Tidak cuma untuk tanda tangan ijazah saja, tapi juga semua kebijakan yang ada. Termasuk penggunaan dana, seperti DAK (Dana Alokasi Khusus-red), BPMKS (Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta-red). Kalau hanya dipegang Plt, jelas tidak bisa maksimal,” jelasnya.

JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya