Kepala Puskesmas Bulu Sukoharjo Meninggal, Pelayanan Ditutup Sepekan
Ilustrasi puskesmas (JIBI/Dok)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pelayanan kesehatan Puskesmas Bulu, Sukoharjo, ditutup sementara selama sepekan menyusul meninggalnya Kepala Puskesmas setempat, Sumpomo, Rabu (13/1/2021).

Aktivitas pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Tawangsari. Kepala Puskesmas Bulu, Sumpomo meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di RS Kasih Ibu, Solo, Rabu (13/1/2021).

Sebelum meninggal, Sumpomo berstatus suspek Covid-19 karena mengalami batuk berkepanjangan selama lebih dari sepekan. Sumpomo telah menjalani uji swab dengan metode polymerase chain reaction atau PCR.

Video Viral Ibu-Ibu PKL Sukoharjo Adu Mulut Dengan Satpol PP

Namun, hasil uji swab belum keluar. Jenazah Sumpomo dimakamkan sesuai protokol pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Bulu pada Rabu sore.

Guna mencegah penularan virus, baik aktivitas pelayanan kesehatan maupun administrasi Puskesmas Bulu, Sukoharjo, dialihkan ke Puskesmas Tawangsari selama sepekan yakni 14-20 Januari.

Menyemprot Disinfektan

“Mulai hari ini, pelayanan kesehatan Puskesmas Bulu ditutup dan dialihkan ke Puskesmas Tawangsari. Masyarakat yang hendak berobat bisa datang langsung ke Puskesmas Tawangsari,” kata Camat Bulu, Widyanto Setyo Wibowo, kepada Solopos.com melalui telepon, Kamis (14/1/2021).

Sejumlah Pegawai Positif Corona, Kantor Disdukcapil Solo Lockdown!

Pria yang akrab dengan sapaan Widy ini menjelaskan petugas telah menyemprot disinfektan ke seluruh ruangan Puskesmas Bulu.

Widy juga telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sukoharjo untuk mengantisipasi penularan virus lantaran puskesmas merupakan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat dasar.

Setiap hari, banyak masyarakat yang mendatangi Puskesmas Bulu, Sukoharjo, untuk memeriksakan diri atau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lainnya.

13 Rumah Diminta Dibongkar Untuk Perluasan Parkir Stasiun Solo Balapan, Warga Menolak

“Saya telah menyebar informasi kepada kepala desa dan perangkat desa ihwal penutupan sementara Puskesmas Bulu. Kepala desa bisa memberi informasi kepada warga yang hendak berobat agar datang ke Puskesmas Tawangsari,” ujarnya.

Adaptasi Kebiasaan Baru

Lebih jauh, Widy menyampaikan agar masyarakat melaksanakan adaptasi kebiasaan baru berupa gaya hidup dan kebiasaan pada masa pandemi Covid-19. Masyarakat wajib memakai masker saat beraktivitas luar rumah.

Mereka juga diminta sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta jaga jarak. Pada sisi lain, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan Kepala Puskesmas Bulu, Sumpomo, merupakan pasien suspek Covid-19.

Hiii... Belasan Ekor Ular Ditemukan Di Area Benteng Vastenburg Solo

Satgas melakukan identifikasi kontak erat dan disinfeksi setiap ruangan Puskesmas Bulu. Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Bulu tetap berjalan normal namun dialihkan ke Puskesmas Tawangsari, Sukoharjo.

Yunia menyuntikkan moral kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di puskesmas, rumah sakit maupun klinik kesehatan. Mereka diminta menjaga imunitas tubuh dan berdisiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Aktivitas pelayanan kesehatan dialihkan sementara ke Puskesmas Tawangsari. Tidak ada masalah, tetap berjalan normal seperti hari biasa,” kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom