Kepala Patung Bancolono Yang Dicuri di Karanganyar Masuk Cagar Budaya

Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar memastikan kepala patung Eyang Bancolono yang dicuri warga Kabupaten Magetan, Kamis (22/8/2019) pukul 12.15 WIB, dari Kawasan Sendang Bancolono termasuk cagar budaya.

Kepala Patung Bancolono Yang Dicuri di Karanganyar Masuk Cagar Budaya

SOLOPOS.COM - Kepala patung Bancolono yang dicuri dari Sendang Bancolono di Tawangmangu, Karanganyar. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar memastikan kepala patung Eyang Bancolono yang dicuri warga Kabupaten Magetan, Kamis (22/8/2019) pukul 12.15 WIB, dari Kawasan Sendang Bancolono termasuk cagar budaya.

Kepala Seksi (Kasi) Cagar Budaya Bidang Kebudayaan Disdikbud Karanganyar, Sawaldi, menuturkan kawasan Sendang Bancolono sudah didaftarkan sebagai kawasan cagar budaya. Kawasan Sendang Bancolono terbagi menjadi tiga objek, yakni Sendang Kakung, Sendang Putri, dan pertapaan.

Kawasan Sendang Bancolono berada di perbatasan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Magetan. Sendang masuk wilayah Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, sedangkan pertapaan masuk wilayah Karanganyar, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

“Itu kawasan masuk cagar budaya. Kami daftarkan kawasannya. Benda yang di dalamnya masuk kawasan cagar budaya. Ada patung macan itu sudah lama. Ada patung Eyang Bancolono. Itu juga,” kata Sawaldi saat dihubungi Solopos.com, Minggu (25/8/2019).

Sebelumnya diberitakan, tiga warga Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, yakni AB, 46, SH, 47, dan AH, 43, mencuri kepala patung Bancolono di kompleks pertapaan Sendang Bancolono, Kamis siang. Mereka membawa martil seberat 15 kilogram (kg).

Setelah melancarkan aksi, mereka melarikan diri ke arah Tawangmangu mengendarai mobil Honda Brio pelat nomor AE 1912 BX. Penjaga Sendang Bancolono, Purharyanto alias Best, berupaya mengejar pelaku dengan mengendarai sepeda motor.

Setelah kejar-kejaran sejauh kurang lebih 5 km, laju kendaraan pelaku teradang pawai di Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu. Best berhasil mengadang pelaku. Pelaku ditangkap dan dibawa ke Polres Karanganyar.

Berita Terkait

Berita Terkini

Testing dan Tracing Jateng Tak Penuhi Target PPKM

Jumlah testing Covid-19 di Jateng sudah cukup tinggi, 150.000 orang per pekan, namun belum memenuhi target yang ditetapkan Inmendagri.

Geger Foto Wali Kota Tanjungpinang Berdua dengan Cowok di Hotel

Foto Rahma tengah duduk berduaan dengan seorang pria di atas kasus kamar hotel belakangan heboh di jagat media sosial.

Seluruh Wilayah di Yogyakarta Masuk PPKM Level 4

Kegiatan nonesensial masih diwajibkan berlangsung secara virtual, aktivitas esensial diperbolehkan beroperasi sampai 50 persen.

Tekan Kematian Covid-19, Dinkes Jateng Sarankan Isolasi Terpusat

Dinkes Jateng meminta pasien Covid-19 untuk melakukan karantina di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan pemerintah.

Pasien Covid-19 Kini Lebih Cepat Meninggal, Ini Penyebabnya

Pasien sering terlambat dibawa ke rumah sakit hingga berujung meninggal dunia.

Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 Plupuh dan Miri Sragen Rendah, Kenapa Ya?

Anggaran penanganan Covid-19 di dua kecamatan Sragen yakni Miri dan Plupuh, masih rendah, kurang dari 30 persen hingga awal Agustus ini.

Waduh, Tingkat Keterisian Bed RS Rujukan Covid-19 Klaten Masih Tinggi Lur!

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) RS rujukan Covid-19 Kabupaten Klaten hingga awal pekan ini masih tinggi.

Kena Prank Keluarga Akidi Tio, Kapolda Sumsel Memilih Berpikir Positif

Ada atau tidaknya dana Rp2 triliun tidak menyurutkan ikhtiar Polda Sumsel menanggulangi Covid-19.

Pasien Positif Corona Tanpa Gejala Sukoharjo Didorong Isolasi di 2 Tempat Ini

Pasien positif terpapar virus corona tanpa gejala atau bergejala ringan di Kabupaten Sukoharjo didorong menjalani isolasi di tempat khusus.

Ahli IPB: Harimau Tak Bisa Tularkan Corona ke Manusia

Kejadian penyakit pada hewan di berbagai belahan dunia sangat identik, yakni hewan tersebut tertular dari pemiliknya.

Pelayanan Kantor Kecamatan Jebres Solo Buka Lagi setelah Tutup karena 10 Pegawai Positif Corona

Pelayanan kantor Kecamatan Jebres, Solo, sudah kembali dibuka setelah sempat tutup beberapa hari karena sejumah pegawai terpapar Covid-19.

Kasus Covid-19 Tambah 22.404, Jateng Penyumbang Terbanyak

Dari kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 22.404 hari ini, Jateng berkontribusi 3.218.