SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar memastikan kepala patung Eyang Bancolono yang dicuri warga Kabupaten Magetan, Kamis (22/8/2019) pukul 12.15 WIB, dari Kawasan Sendang Bancolono termasuk cagar budaya.

Kepala Seksi (Kasi) Cagar Budaya Bidang Kebudayaan Disdikbud Karanganyar, Sawaldi, menuturkan kawasan Sendang Bancolono sudah didaftarkan sebagai kawasan cagar budaya. Kawasan Sendang Bancolono terbagi menjadi tiga objek, yakni Sendang Kakung, Sendang Putri, dan pertapaan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kawasan Sendang Bancolono berada di perbatasan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Magetan. Sendang masuk wilayah Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, sedangkan pertapaan masuk wilayah Karanganyar, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

“Itu kawasan masuk cagar budaya. Kami daftarkan kawasannya. Benda yang di dalamnya masuk kawasan cagar budaya. Ada patung macan itu sudah lama. Ada patung Eyang Bancolono. Itu juga,” kata Sawaldi saat dihubungi Solopos.com, Minggu (25/8/2019).

Sebelumnya diberitakan, tiga warga Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, yakni AB, 46, SH, 47, dan AH, 43, mencuri kepala patung Bancolono di kompleks pertapaan Sendang Bancolono, Kamis siang. Mereka membawa martil seberat 15 kilogram (kg).

Setelah melancarkan aksi, mereka melarikan diri ke arah Tawangmangu mengendarai mobil Honda Brio pelat nomor AE 1912 BX. Penjaga Sendang Bancolono, Purharyanto alias Best, berupaya mengejar pelaku dengan mengendarai sepeda motor.

Setelah kejar-kejaran sejauh kurang lebih 5 km, laju kendaraan pelaku teradang pawai di Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu. Best berhasil mengadang pelaku. Pelaku ditangkap dan dibawa ke Polres Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya