Kepala Dinas Positif Covid-19, Kantor Disdik Solo Ditutup?
Ilustrasi penanganan virus corona (Covid-19). (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO -- Kantor Dinas Pendidikan atau Disdik Kota Solo dipastikan tidak ditutup total untuk sementara meski kepala dinasnya, Etty Retnowati, terkonfirmasi positif Covid-19.

Etty termasuk satu di antaranya empat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tracing Balai Kota Solo. Tracing ini dilakukan sebagai tindak lanjut konfirmasi positif Covid-19 Wakil Wali Kota atau Wawali Solo Achmad Purnomo, beberapa waktu lalu.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo menyebut total ada 102 orang yang menjalani tes swab karena diketahui pernah berkontak dengan Wawali Solo Achmad Purnomo. Tes swab digelar sekitar sepekan lalu dan hasilnya baru keluar Sabtu-Minggu (1-2/8/2020).

Hebat! Kecamatan di Karanganyar Ini Tidak Pernah Ada Satu Pun Kasus Positif Covid-19

Ada empat orang yang ikut tertular virus SARS CoV-2 dan positif Covid-19 hasil tracing Balai Kota itu, salah satunya Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Etty Retnowati. Selain dia, satu orang lainnya adalah pegawai Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Solo.

“Empat orang itu, Bu Etty [Kepala Disdik Solo], pegawai Bagian Humprot [Humas dan Protokol], dan dua relasi nondinas yang bertamu, domisili Kelurahan Karangasem dan Mojosongo,” jelas Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, kepada wartawan, Senin (3/8/2020).

Disinfeksi Ruangan

Meski kepala dinasnya terkonfirmasi positif Covid-19, Ahyani memastikan pelayanan di Kantor Disdik tidak ditutup total. Penutupan sementara Kantor Disdik Solo hanya berlaku di ruangan kepala dinas yang terkonfirmasi positif Covid-19, sekretariat, dan sebagian ruangan lain dekat ruang kepala dinas.

23 Warga Karanganyar Positif Covid-19 Dalam Sepekan Terakhir, Terbanyak Dari 3 Kecamatan Ini

“Pelayanan yang lain masih memungkinkan, sehingga tidak ditutup total. Kami juga melakukan disinfeksi ruangan-ruangan tersebut,” beber Ahyani.

Menyusul konfirmasi positif corona pada Kepala Dinas Pendidikan, Gugus Tugas akan melakukan uji swab kepada seluruh kontak erat dan dekatnya.

Wawali Solo Achmad Purnomo terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab yang sampelnya diambil pada 17-18 Juli 2020. Hasil tes swab itu keluar pada 23 Juli.

Warga Depok Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19 di Jatisrono Wonogiri, Positif?

Selanjutnya, Wawali melakukan uji swab mandiri di rumah sakit swasta pada 24 Juli dan hasilnya yang keluar pada 27 Juli menyatakan negatif Covid-19.

Sesaat setelah Wawali dinyatakan positif Covid-19, seluruh kontak eratnya termasuk Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, para pejabat, anggota DPRD dan jurnalis yang berkontak menjalani swab test pada 25-26 Juli 2020.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom