SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO – Uji Kompetensi Kepala dan Pengawas Sekolah (UKKPS) bakal digelar Kamis (13/12/2012) di SMP Negeri 24 Solo dan SMP Negeri 25 Solo. UKKPS yang dilaksanakan kali pertama itu diikuti sebanyak 811 orang yang terdiri atas 738 kepala dan 73 pengawas sekolah.

Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Sulardi, menjelaskan UKKPS itu serupa dengan uji kompetensi guru (UKG) yang telah dilaksanakan secara nasional beberapa waktu lalu. Hanya saja pada pelaksanaan UKKPS pengerjaan soal dilakukan secara manual, bukan menggunakan komputer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

UKKPS yang bertujuan untuk pemetaan kompetensi itu dinilai tidak akan memberatkan kepala dan pengawas sekolah, karena soal yang diberikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang selama ini dijalankan para peserta UKKPS.

“Kalau mereka sudah menjalankan tupoksi dengan baik, pasti tidak akan kesulitan,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (11/12/2012).

Terkait UKKPS, pengawas SMP, Nur Rokhmat, memprediksi soal yang akan keluar pada UKKPS akan bersifat implementatif, sehingga yang perlu dipelajari bukan teori, melainkan tugas-tugas yang selama ini dilaksanakan.
“Saya yakin semua kepala sekolah dan pengawas bisa mengerjakan soalnya,” ujarnya saat ditemui wartawan, Selasa.

Namun yang akan menjadi kendala dalam pelaksanaan ujian itu adalah faktor waktu. Dengan waktu yang terbatas, kondisi peserta ujian akan terpengaruh ketika mengerjakan soal yang sebenarnya mudah.

“Banyak pengawas yang sudah sepuh, sehingga proses untuk mengingat kembali akan lama. Hal itu bisa menyebabkan peserta kehabisan waktu sebelum semua soal terjawab,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengawas SMA, Endang Sri Kusumaningsih, menjelaskan dirinya telah melakukan persiapan dengan membuka kembali undang-undang, peraturan menteri dan aturan kepengawasan. Selain itu dia juga memperdalam kembali pengetahuan mengenai supervisi manajerial, akademik dan pengembangan dan penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya