SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Medan [SPFM], Isu klaim budaya negeri seberang ditanggapi serius Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho. Ia meminta para kepala daerah di Sumut mendokumentasikan dan mencatat budaya asli serta kearifan lokal daerah masing-masing. Menurut Gatot, tindakan ini merupakan respon Pemerintah Provinsi Sumut atas situasi yang berkembang. Salah satunya adalah pemberitaan media massa tentang klaim Tor Tor dan Gondang Sambilan di Malaysia.

Adapun surat edaran kepada Bupati dan Walikota se Sumatera Utara tersebut, isinya meminta agar dilakukan inventarisasi warisan budaya lokal masing-masing. Antara lain, kebudayaan yang berbentuk lagu atau nyanyian, tarian, opera, sastra, alat musik, pakaian, tenunan, arsitektur, kuliner, dan situs sejarah. Inventarisir diharapkan dapat diselesaikan dalam dua bulan untuk kemudian diteliti oleh tenaga ahli yang disiapkan Pemrov Sumut. [dtc/rda]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya