Kepala BNPB Ganip Minta Pasien Covid-19 Isoman di Selter

Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito kembali meninjau kesiapan sejumlah Posko PPKM Darurat dan Selter untuk pasien Covid-19 di Sleman.

 Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito saat mengunjungi RS Darurat Covid Respati, Rusunawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dijadikan Shelter Isolasi pasien Covid-19, Selasa (27/7) (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito saat mengunjungi RS Darurat Covid Respati, Rusunawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dijadikan Shelter Isolasi pasien Covid-19, Selasa (27/7) (Istimewa)

Solopos.com, SLEMAN — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito kembali meninjau kesiapan sejumlah Posko PPKM Darurat dan Selter untuk pasien Covid-19 di Sleman, Selasa (27/7).

Ganip meninjau Posko PPKM Darurat Wedomartani dan Rusunawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dijadikan shelter isolasi pasien Covid-19 di Wedomartani, Ngemplak. Tinjauan tersebut guna memastikan keterlengkapan fasilitas isolasi bagi pasien Covid 19 bergejala ringan di Posko dan Shelter tersebut.

Ia juga menyempatkan diri ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 Respati di jalan Tajem, Maguwoharjo, Depok. Di rumah sakit ini, Kepala BNPB Ganip sempat berdialog dengan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo dan Pengelola RS Darurat Covid Respati Tunggul Biwara.

“Fasilitas Shelter isolasi dan RS Darurat bagi pasien Covid 19 yang bergejala ringan sudah sangat siap dan mumpuni. Rumah Sakit Darurat ini sudah merawat 15 pasien,” kata Ganip usai meninjau lokasi.

Baca juga: Pemkab Sleman akan Bangun Instalasi Generator Oksigen Senilai Rp1,9 Miliar

Kepala BNPB Ganip berharap agar warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk melakukan isolasi terpusat. Yakni di selter Covid 19 yang sudah disediakan. Tujuannya, untuk mengurangi dampak resiko penularan dan kematian karena dapat langsung ditangani oleh tenaga medis.

“Dalam mengatasi Pandemi ini diperlukan kerja sama multi pihak. Guna mengantisipasi lonjakan penyebaran virus Covid-19. Kami mengapresiasi seluruh pihak yang sudah berusaha keras dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 ini. Mulai dari Pemerintah Daerah, TNI, Polri hingga para relawan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Kepala BNPB Ganip juga menyerahkan langsung bantuan berupa masker, hand sanitizer. Juga sabun dan suplemen vitamin bagi petugas di Posko PPKM Wedomartani.

Baca juga: Hajatan Dilarang, Penjualan Daging Sapi di Bantul Terjun Bebas

Kunjungan Kepala BNPB Ganip

Ini merupakan kunjungan kesekian kalinya Ganip ke DIY selama penerapan PPKM Darurat berlangsung. Sebelumnya, Ganip mendampingi Menteri Kesehatan, Panglima TNI, dan Kapolri di Prambanan, Kamis (8/7).

Kunjungan kedua, Kepala BPNB Ganip mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto saat mengunjungi Asrama Haji sebagai tempat isolasi terpusat di Sleman, Minggu (25/7).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan penyediaan tempat isolasi terpusat ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ia mendorong setiap kelurahan di Sleman untuk mengaktifkan selter dan posko PPKM darurat dengan sarana prasarana dan SDM yang didukung oleh relawan, Babinsa dan Babinkamtibmas.

 

 

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Gegara Dendam Pribadi, Pegawai Angkringan Pendopo Lawas Ditusuk

Seorang pegawai angkringan di Jogja jadi korban penusukan oleh warga yang diduga menaruh dendam. Pelaku kini sudah ditangkap.

Saluran Irigasi Peninggalan Belanda Jebol, Ini Nasib Lahan Pertanian di Kulonprogo

Saluran irigasi peninggalan Belanda yang jebol berada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

Musim Kemarau Basah, Sejumlah Wilayah Di Bantul Alami Kekeringan

Kendati demikian, kemarau yang masih sesekali hujan membuat dampak kekeringan tak seperti kemarau kering.

Razia Gabungan Di Rutan Wates, Petugas Temukan Benda Terlarang

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan razia gabungan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya peredaran narkotika

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.

Pemkab Bantul Ajukan Pantai Parangtritis untuk Dibuka

Pemkab Bantul mengajukan Pantai Parangtritis untuk melakukan uji coba operasional selama PPKM

15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.