KEPALA BIN : Sutiyoso Bilang Tak Ditolak Maka Tak Seru
Sutiyoso (JIBI/Solopos/Antara)

Kepala BIN segera diduduki Ketua Umum PKPI Sutiyoso.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Sutiyoso menganggap wajar pencalonannya sebagai Kepala Badan Intelijen Negara yang dianggap banyak pihak merupakan upaya bagi-bagi kekuasaan di antara partai koalisi pemerintah.

Menurut Sutiyoso, hal yang terpenting adalah pejabat tersebut memiliki kemampuan untuk mengemban tugas yang diberikan presiden. “Politik itu sudah biasa. Menteri-menteri yang lain kan dari partai politik, jadi sama saja. Paling penting adalah yang ditunjuk itu memiliki kemampuan. Jadi jangan dikotonomikan partai per partai,”katanya, Sabtu (20/6/2015) malam.

Dia bahkan menilai penunjukkan tersebut merupakan kepercayaan Presiden Joko Widodo yang harus dipertanggungjawabkan dengan baik sesuai keinginan pimpinan.

Diganti Isran Noor
Menanggapi sejumlah pihak yang menolak pencalonannya sebagai kepala BIN, Sutiyoso menjawab ringan bahwa penolakan merupakan bagian dari fenomena yang terjadi pada setiap situasi. “Kalau enggak ada yang menolak enggak seru dong,” jawabnya.

Saat ini dia mengaku sangat siap menjalankan uji kelayakan dan kepantasan (fit and proper test) yang diperkirakan berlangsung pada 28-30 Juni 2015.

Sebagai cara menjaga netralitas, Sutiyoso mengaku telah mundur dari jabatan Ketua Umum PKPI. Nantinya, mantan Bupati Kutai Timur yang juga kader partai, Isran Noor, akan menggantikannya sebagai ketua umum.

Kan saya sudah lepaskan jabatan ketua umum. [pengganti ketua umum] Isran Noor,”sebutnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom