SOLOPOS.COM - Kepala BIN Marciano Norman (dok)

Kepala BIN baru pilihan Presiden Jokowi jatuh pada Sutiyoso.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Sutiyoso sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru. Terkait hal itu, Kepala BIN Maciano Norman mengaku tidak meragukan kemampuan calon penggantinya untuk menempati dan menjalankan tugas memimpin lembaga itu.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Saya tidak sangsikan kemampuan beliau [Sutiyoso],” kata Maciano Norman di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Ia yakin di bawah kepemimpinan Sutiyoso, BIN akan semakin maju dan berkembang.

Ia juga menghormati hak prerogatif Presiden untuk menentukan calon Kepala BIN yang baru untuk menggantikan dirinya.

Menurut dia, berbagai tantangan BIN ke depan antara lain adalah penyelenggaraan pilkada serentak, pemulihan ekonomi, dan gerakan radikal.

“BIN harus mampu menjawab tantangan dinamis yang sudah berada di depan mata,” kata Maciano.

Di bidang ekonomi, menurut dia, pelemahan ekonomi tidak boleh dibiarkan berlanjut terus. Semua pihak harus bersinergi mengatasi masalah itu.

Terkait gerakan radikal global, Norman mengatakan Indonesia dan negara-negara tetangga harus bekerja sama mengatasi masalah itu.

“Kita harus sinergi bagaimana mengatasi, Indonesia tidak boleh jadi sasaran dari negara lain, harus ada langkah konstruktif, dukungan masyarakat juga sangat diperlukan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya