SOLOPOS.COM - Kendicool buatan siswa SMPN 2 Gemolong, Sragen, (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Produk tempat minuman yang terbuat dari gerabah dengan sebutan Kendicool buatan siswa SMPN 2 Gemolong, Sragen, terpilih menjadi juara I lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Sragen 2021. Penghargaan ini diumumkan pada Senin (31/5/2021).

Dua siswa SMPN 2 Gemolong, Acyuta Daffa Mahogra W dan Mawar Irenita, berhasil meyakinkan lima juri bahwa produk mereka merupakan tempat minuman yang ramah lingkungan, menyehatkan, dan dingin alami. Penjurian itu dilakukan pada Senin-Selasa (24-25/5/2021) lalu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

kendicool
Dua siswa SMPN 2 Gemolong, Acyuta Daffa Mahogra W dan Mawar Irenita, mepresentasikan kreasi sekolah mereka, Kendicool. (Istimewa)

Tiga siswa SMPN 1 Masaran, Sragen, yakni Denzel Azzazian, Aleksa Yuria Ananda, dan Adi Putra Idwansyah, menyusul menjadi juara II lomba tersebut. Mereka membuat rekayasa teknologi dan manufaktur berupa kacamata dengan sensor untuk mempermudah penyandang tunanetra. Kacamata itu mereka beri nama SG PRO UI (Smart Glasses Pro UI).

Kemudian juara III disabet para siswa dari MTs Negeri 1 Sragen yang membuat produk bernama Automatic Steam Hand, Face, and Nose (As Hafano). Alat itu
dipresentasikan tiga orang siswa, yakni Syifa Aela Nurjanah, Berlian Rahma Celsivia, Valencia Rizky Sagala.

Kemudian untuk kategori umum dijuarai Elik Hari Muktafin dengan hasil temuannya berupa Robot Usman (UVC sterilizer lantai masjid yang aman). Disusul seorang perempuan asal Plupuh, Kartini, yang menemukan Inovasi Cantik (canting cap batik dari kaleng bekas). Canting karya Kartini yang detail itu meraih juara II dan juara III diterima pemilik produk Azalea tas anyaman karya warga Sepat, Masaran, Sragen, yakni Nur Handayani, Yeni Eka Yulianti, dan Eko Adi Suryanto. Produk tas tersebut sudah dipasarkan dan tembus pasar ekspor ke Korea.

Pengumuman Lewat Medsos

Kasubid Inovasi dan Teknologi Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Litbang Sragen, Agus Suwondo, menyampaikan para juara-juara ditetapkan dengan SK Kepala Bappeda Litbang Sragen, Zubaidi. Pengumuman pemenang dilakukan lewat media sosial seperti Whatsapp, Instagram, website Bappeda Litbang Sragen, dan langsung menghubungi peserta dan pembimbing.

“Para pemenang mendapatkan tropi, sertifikat, dan uang pembinaan. Untuk juara I mendapat uang pembinaan Rp3 juta, juara II Rp2 juta, juara III Rp1,5 juta, juara harapan I Rp1 juta dan juara harapan II Rp750.000. Selain itu, para pemenang juga berkesempatan untuk mengikuti lomba Krenova di tingkat Subosukowonosraten untuk kategori pelajar dan umum masing-masing diambil tiga peserta,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Senin siang.

Baca Juga: Cari 4 SMA Swasta Terbaik di Magelang? Ini Daftarnya

Para juara yang akan maju mewakili Sragen ke lomba di tingkat di atasnya akan mendapatkan pendampingan dengan dana pendampingan senilai Rp2 juta per peserta dan hanya diambil enam peserta. “Untuk Krenova tingkat Subosukowonosraten tingkat pelajar akan diadakan di Wonogiri dan untuk umum diadakan di Solo. Semoga Sragen bisa masuk jadi juara,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya