Tutup Iklan

Kendaraan Serbu Antar Presiden Jokowi, Ganas Juga Spesifikasinya

Spesifikasi kendaraan taktis (Rantis) P6 ATAV V1 yang ditunggangi Presiden Jokowi di Tarakan.

 Presiden Jokowi naik Rantis P6 ATAV V1 saat menyama warga Tarakan, Selasa (19/10/2021). (Gambar: instagram.com)

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi naik Rantis P6 ATAV V1 saat menyama warga Tarakan, Selasa (19/10/2021). (Gambar: instagram.com)

Solopos.com, SOLO – Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampil lebih jelas dengan kendaraan taktis (rantis) Paspampres saat menyapa warga Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (19/10/2021). Rantis P6 All Terrain Assault Vehicle (ATAV) V1 alias kendaran serbu segala medan itu membuat presiden tampil beda, bagaimana spesifikasinya?

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen Tri Budi Utomo menyebut pilihan presiden menggunakan rantasi tersebut karena kebiasaan mengenalkan produk lokal.

Baca Juga: Hyundai Kona dan IONIQ Electric, Mobil Ramah Lingkungan yang Kaya Fitur

“Kita tahu bahwa Presiden ingin selalu memperkenalkan produk lokal, mulai dari minuman, makanan, sepatu, jaket, hingga motor custom. Kali ini Presiden memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri, kecuali mesin ya,” kata Danpaspampres seperti dilansir Bisnis.com, Selasa.

Mengenai keamanan rantis, lanjut Tri, mobil tersebut telah dilapisi baja anti peluru. Bagian depan juga disebutnya menggunakan kaca anti peluru.

Baca Juga: Avanza Velos Baru Pakai Teknologi Parkir Elektrik?

Tri juga menjelaskan rantis ini juga memiliki kemampuan mendeteksi arah tembakan musuh. “Teknologi ini dikenal dengan Gunshot Detection System yang dipasang pada bagian belakang P6 ATAV,” jelasnya.

Sementara pada rangka pipa baja didesain untuk melindungi dari benturan jika terjadi kecelakaan. Lalu pihak lokal mana yang memproduksi rantis tersebut?

Penelusuran Solopos.com, rantis tersebut diproduksi PT Sentra Surya Ekajaya. P6 ATAV sebagai kendaraan serang ringan ini pertama kali muncul di pameran Indo Defence 2016.

Baca Juga: Ahmad Dhani Unggah Kawasaki Lawas, Netizen: Sultan Jadul

Mengutip laman PT Sentra Surya Ekajaya, ada rantis yang mereka produksi. Selain P6 ATAV, produsen rantis ini juga memajang P2 Armoured Personnel Carrier Vehicle (APC) dan P2 -KM.

P6 ATAV berbekal empat silinder turbo diesel 2500 cc. Rantis ini diklaim bisa mencapai torsi maksimal 144 PS (142 HP) pada 3400 Rpm. Juga konfigurasi mesin belakang.

Di bagian suspensi, P6 ATAV menggunakan Independent Suspension. Juga ada dudukan senjata pada bagian samping dan atas.

Baca Juga: Yuk Intip Harga BMW Sebelum Mobil Bensin Disetop 2030 Nanti

Dudukan senjata di samping diberi ukuran kaliber 5,56 mm dan kaliber 7,62 mm pada dududukan senjata bagian atas. Untuk kursi, rantis ini memiliki empat buah dan satu untuk penembak.

Berdasarkan keterangan di laman itu, rantis ini diklaim mampu melakukan berbagai misi crossover. Rantis ini dirancang untuk mengangkut awak bersenjata melaju dengan kecepatan tinggi dan intervensi cepat.

Selain itu, kekuatan mesin penggerak 4×4 disebut mampu menghadapi siutasi taktis dengan keuntungan kritis di segala medan. Rantis ini bisa ditarik dengan helikopter maupun masuk ke dalam pesawat Hercules C130.


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Perlu diingat, mengendarai motor saat musim hujan diperlukan kewaspadaan yang lebih tinggi dibanding musim panas.

Ramalan di Balik Misi Suntik Mati Kendaraan Bensin dan Solar

Ramalan di balik skenario suntik mati kendaraan berbahan bakar minyak untuk misi pengurangan emisi karbon.

Modifikasi Toyota Yaris, Mirip Mobil Superhero Batman?

Modifikasi Toyota Yaris di Californias Amerika Serikat terbilang ekstrem sehingga terlihat nyleneh dan mirip mobil Batman.

Ini Spesifikasi Kawasaki Z800 yang Dibawa Kabur di Kartasura

Kawasaki Z800 sepeda motor sport dengan harga di atas Rp200 juta ini menarik perhatian penggemar motor gede di segmen street fighter.

40 Mobil Listrik Hyundai Dukung Pertemuan Sherpa Presidensi G20

Mobil resmi yang didukung Hyundai terdiri dari 20 unit IONIQ Electric dan 20 unit KONA Electric yang akan digunakan sebagai mobil operasional di ajang Sherpa G20.

Toyota Luncurkan All New Avanza dan All New Veloz di Candi Prambanan

Dipilihnya Candi Prambanan karena adanya semangat All New Avanza dan All New Veloz, sebagai produk MPV yang telah menemani keluarga Indonesia selama kurang lebih 18 tahun.

Matik Italia Aprilia SR GT Pesaing Honda ADV150?

Motor matik bergenre adventure kelas ringan, Honda ADV150 bakal punya pesaing, yakni Aprilia SR GT dari Italia.

Ini Kiat Lulus Ujian Teori & Praktik SIM C, Biar Enggak Bikin Malu!

Berikut ini terdapat tips dan trik agar lulus ujian teori dan praktik SIM C dengan baik. Kira-kira apa saja ya?

Juara Dunia WSBK 2021, Toprak Persembahkan Kemenangan untuk Ayah

Toprak Razgatlioglu meraih gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021 dalam pertarungan seri pamungkas yang dramatis di Indonesia.

Layaknya Pesawat, Mobil Juga Dilengkapi Black Box, Ini Fungsinya

Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini. Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini.

Astra Motor Jateng dan Komunitas Honda CBR Dukung Pebalap Indonesia

Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah bersama PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak sejumlah 35 anggota komunitas CBR dalam rangkaian kegiatan “Mandalika World Superbike 2021.

Capaian Positif Mitsubishi Motors di Ajang GIIAS 2021

Partisipasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 mendapat sambutan positif.

Ini Bukti Hyundai Mantap Pimpin Era Elektrifikasi di Indonesia

Selama event GIIAS 2021, Hyundai menampilkan jajaran produk EV andalan, yaitu KONA Electric dan IONIQ Electric.

Menjawab Rasa Penasaran Platform DNGA di Daihatsu All New Xenia

Desain mobilnya pun mengikuti gaya hidup modern yang stylish, ini pula yang terasa di Daihatsu All New Xenia.

Yuk Intip Koleksi Mobil Ole Gunnar Solskjaer yang Baru Dipecat MU

Mantan manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer dikenal memiliki koleksi kendaraan, khususnya mobil yang cukup mewah.

Mengenal Hyundai Creta: Produksi Dalam Negeri, Fitur Bisa Pilih Sendiri

Hyundai menawarkan berbagai fitur canggih yang menjadikan Creta sebagai produk unggulan dan terdepan di kelasnya.