SOLOPOS.COM - Pelaku perjalanan dari luar daerah dicegat di pintu masuk Sukoharjo tepatnya di wilayah Kartasura dan dicek kesehatan dan swab antigen pada Senin (19/4/2021) petang. (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Polisi mulai melakukan penyekatan kendaraan di akses masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo guna mewaspadai pemudik curi start pulang kampung.

Operasi penyekatan dilaksanakan Polisi melibatkan tim gabungan TNI, Satpol PP dan DKK yang digelar di pintu masuk wilayah Kartasura, Sukoharjo, tepatnya di depan Mapolsek Kartasura pada Senin (19/4/2021) sore. Kendaraan pelat luar menjadi sasaran operasi penyekatan.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Baca Juga: Demi Enyahkan Stunting, Warga Sangkrah Suburkan Bantaran Sungai

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Heldan Pramoda Wardhana mengatakan mulai melakukan penyekatan kendaraan pelat luar daerah masuk ke wilayah Sukoharjo. Kendaraan tersebut diminta menepi dan diperiksa identitas penduduk serta keperluan masuk ke wilayah Sukoharjo.

Bagi warga bukan domisili wilayah Soloraya dilakukan pemeriksaan rapid test antigen. "Ada beberapa kendaraan pelat luar daerah yang kita periksa. Lima orang di antaranya kami lakukan swab antigen karena bukan domisili Solo Raya dan tidak membawa surat sehat hasil swab antigen," katanya kepada Solopos.com, Senin petang.

Hasil Tes Antigen

Hasil rapid test antigen kelima pelaku perjalanan tersebut negatif sehingga mereka diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Apabila hasil menunjukkan positif maka petugas akan mengarahkan pelaku perjalanan tersebut untuk putar balik atau dikarantina di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Diakuinya kendaraan pelat luar seperti Jakarta dan sekitarnya mulai banyak berseliweran masuk ke wilayah Sukoharjo. Kendaraan tersebut diduga curi start pulang kampung untuk menghindari larangan mudik Lebaran yang ditetapkan pemerintah pusat pada 6-17 Mei mendatang.

"Jadi hari ini kita mulai giat penyekatan di pintu masuk. Kita bangun posko sementara di depan Polsek Kartasura sampai nanti ada posko Lebaran. Ini untuk mengantisipasi mereka yang pulang kampung lebih dulu," katanya.

Baca Juga: 2 Truk Molen Kecelakaan di Ngargoyoso Diduga Akibat Rem Blong

Pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dalam melaksanakan operasi penyekatan wilayah. Selain melakukan penyekatan, dalam kesempatan itu petugas sekaligus menyosialisasikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Petugas juga membagikan masker bagi pengguna jalan.

Kemudian mengingat operasi tersebut dilakukan di masa Bulan Suci Ramadan, petugas juga membagi-bagikan takjil bagi pengguna jalan. "Kita juga bagi-bagi masker dan takjil. Karena operasi tadi dilakukan sebelum buka puasa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya