SOLOPOS.COM - Ilustrasi bensin. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Jika kendaraan bermotor lama tidak dipakai apakan bisa membuat bensin menjadi basi?

Mungkin pertanyaan ini sedikit nyeleneh dan sebagian orang mungkin akan menjawab atau menganggap bahwa bensin tidak bisa basi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kenyataannya bensin bisa saja basi jika disimpan di tangki mobil atau kendaraan pada waktu yang cukup lama. Untuk mengetahuinya cukup sulit, karena bensin yang basi tidak memiliki pengaruh kasat mata, seperti tidak terjadi perubahan warna ataupun bau yang berbeda. Bensin yang basi hanya mempengaruhi dari kualitas bahan bakarnya saja.

Saat bensin didiamkan pada waktu lama maka lama kelamaan, bensin tersebut akan mengendap. Endapan itulah yang akan menimbulkan kerak di tangki sehingga tangki akan mengalami korosi.

Tangki yang korosi itulah akan menimbulkan senyawa baru yang tercampur ke bensin dan akan mempengaruhi kualitas dari bensin. Selain itu, bensin yang berada di dalam tangki pada waktu yang lama juga akan timbul senyawa benzene, senyawa ini akan menguap menjadi gas apabila terdapat ventilator di tangki bensin kendaraan kalian.

Supaya bensin jadi tidak mudah basi, berikut tips yang dikutip dari Hondaoutsidejava.

 

  1. Isi Tangki Bensin Hingga Penuh

Mengisi bensin dengan penuh bertujuan untuk menghindari proses pengembunan pada tangki bensin kendaraan atau kondensasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kondensasi sangat mudah terjadi jika tangki kendaraan memiliki ventilator, kondisi tangki bensin yang kurang penuh ini dapat memicu penguapan udara bensin akibat tercampur udara dari bagian ventilator tangki.

 

  1. Jangan Simpan Bensin Terlalu Lama di Tangki

Hindari menyimpan bensin lama pada tangki, karena dapat menimbulkan sedimen. Sehingga jika kalian berencana untuk meninggalkan kendaraan pada jangka waktu lama maka perlu kalian kosongkan tangkinya terlebih dahulu.

 

  1. Hindari Parkir Mobil di Bawah Terik Matahari

Jangan sering memarkirkan mobil di bawah terik sinar matahari, karena suhu panas yang tersalur ke tangki bisa mempercepat proses penguapan bensin.

 

  1. Panaskan Mobil 2 Pekan Sekali

Untuk mencegah terjadinya endapan sedimen di tangki bensin mobil kalian, maka mobil perlu “diajak jalan-jalan” atau dipanaskan minimal dua pekan sekali.

Demikian informasi tentang apakah bensin bisa basi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya