SOLOPOS.COM - Sebuah kendaraan karya mahasiswa UNS Solo yang super irit BBM. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Sebuah Kendaraan karya mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mampu menempuh jarak 481 kilometer (km) per 1 liter bensin. Kendaraan prototipe yang dinamai Nirankara ini terus dikembangkan agar bisa menempuh 500 km/liter.

Hasil tersebut diperoleh dalam Kontes Mobil Hemat Energi, sebuah kontes tingkat nasional yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 2020. Saat itu Nirankara yang dibuat oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Team Bengawan UNS itu mendapat predikat Best Attemp.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

General Manager (GM) Team Bengawan UNS Afif, Damar Pratisto, mengatakan tantangan utama dalam event tersebut adalah membuat kendaraan yang hemat energi. “Fokus kami di kendaraan hemat energi. Jadi kita mengembangkan suatu mesin, kebetulan kami ikut kategori mesin bensin, yang hemat energi,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, di Kampus UNS, Jumat (9/6/2023).

Untuk itu, anggota tim di bawah dosen pembimbing merancang sebuah kendaraan (prototipe) yang bisa mewujudkan tantangan tersebut hingga tercipta Nirankara.

Sementara itu, Team Bengawan UNS akan membawa Nirankara ke Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam event Shell Eco Marathon Asia 2023 tanggal 4 Juli mendatang.

Pihaknya berharap Nirankara yang menggunakan mesin Honda Revo itu bisa menempuh 500 km/liter dalam event internasional tersebut. “Target kami Nirankara ini bisa menempuh 500 km per liter lebih,” harapnya.

Untuk mewujudkan target tersebut, beberapa perubahan dilakukan, antara lain dengan menekan bobot bersih kendaraan/tanpa awak. Menurut Afif, bobot Nirankara sekarang sudah turun 5 kg dari 50 kg menjadi 45 kg.

 

Spesifikasi Nirankara, Kendaraan Karya Mahasiswa UNS

  • Tipe-Prototipe
  • Bahan bakar-bensin
  • Bodi-carbon fiber composite
  • Sasis-Monocoque
  • Dimensi-3.100 x 803 x 952 mm
  • Jarak sumbo roda-525 mm

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya