SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang akan membuat embung berukuran besar guna mengendalikan banjir yang kerap melanda wilayah Mangkang, Kota Semarang.

Embung itu akan dibuat di wilayah Kecamatan Mijen, yang merupakan hulu Sungai Beringin. Selama ini, Sungai Beringin kerap meluap saat musim penghujan dan mengakibatkan banjir di wilayah Mangkang, termasuk jalan raya jalur Pantura Kota Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami akan bikin embung, ada satu yang akan kita buat di Mijen dengan volume yang besar. Embung untuk mengantisipasi run off yang besar dari atas. Harapan kami, embung bisa menampung air dan kemudian dilepas saat kondisi tidak hujan,” ujar Kepala DPU Kota Semarang, Iswar Aminudin, kepada wartawan di kantornya, Selasa (6/11/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain embung, Iswar mengatakan saat ini pihaknya juga tengah mengajukan upaya program normalisasi kepada pemerintah. Meski demikian, program ini merupakan alternatif seandainya upaya normalisasi Sungai Beringin melalui pengerukan tidak berjalan efektif.

“Normalisasi ya kalau saluran lama sudah tidak bisa dikeruk. Maka kita bikin saluran baru, kemudian pada daerah cekungan yang sering tergenang kita buat polder,” imbuh Iswar.

Iswar memastikan jika pengajuan proyek normalisasi dan perbaikan saluran Sungai Beringin itu sudah diajukan. Harapannya, proyek ini bisa dimulai tahun depan.

“Kali Beringin [proyek normalisasi] dari pemerintah pusat belum [disetujui]. Semoga tahun depan sudah,” tutur Iswar.

Iswar mengatakan terjadinya banjir di sekitar aliran Sungai Beringin, Kota Semarang, terjdi akibat perubahan fungsi lahan di daerah dataran tinggi di atasnya, seperti Mijen. Banjir itu kerap melanda daerah seperti Mangkang Kulon, Mangkang Wetan, hingga sepanjang jalur pantura.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya