Tutup Iklan
Ilustrasi ASI Eksklusif (depok.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kabupaten Kendal menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) No. 3/2019 tentang Air Susu Ibu Eksklusif. Kepala Dinas Kesehatan Kendal  Ferynando RAD Bonay berharap perda itu mampu meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Dipaparkan Ferynando RAD Bonay, pihaknya memiliki tanggung jawab dalam program peningkatan pemberian ASI eksklusif bagi generasi penrus Kabupaten Kendal. Langkah itu dilakukan melalui advokasi, menyediakan akses informasi, dan edukasi pemberian ASI.

“Perda sedang kami sosialisasikan, sehingga nantinya semua pihak terkait dan masyarakat, khususnya ibu bisa memonitor, mendukung, dan melaksanakan pemberian ASI eksklusif. Ini demi mencegah timbulnya stunting pada anak-anak di Kabupaten Kendal,” jelasnya, Kamis (31/10/2019).

Dinkes Kendal juga akan memberikan pelatihan teknis konseling menyusui serta mengawasi program di fasilitas pelayanan kesehatan, tempat kerja, dan tempat sarana umum.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kendal Muhamad Nursidik mengatakan Perda tentang penggunaan ASI eksklusif tersebut sangat penting dalam menunjang pemeliharan kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

“Selain itu, pemberian ASI eksklusif dapat menolong mengurangi kemiskinan dan kelaparan. Membuat baik bayi maupun ibu terhindar dari berbagai macam penyakit, sehingga menurunkan angka kematian serta stunting,” paparnya.

Ke depannya, Dinkes Kendal akan melakukan sosialisasi program ASI eksklusif di 20 kecamatan di Kendal untuk mendukung realisasi Perda No. 3/2019 tersebut. Stunting atau kekerdilan pada generasi penerus bangsa menjadi momok Indonesia sehingga semua daerah bersama-sama menangkalnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Bisnis


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten