SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Perubahan hormon saat menstruasi menyebabkan berbagai hal pada wanita. Salah satunya adalah dorongan buang air besar (BAB). Hal ini biasanya dialami wanita pada hari pertama menstruasi. Lantas, tahukah Anda apa penyebabnya?

Dikutip dari Popular Science, Selasa (9/7/2019), keinginan buang besar pada wanita yang sedang menstruasi disebabkan zat kimia prostalglandin. Zat ini diproduksi tubuh sepanjang siklus menstruasi yang berperan penting dalam sistem reproduksi dan penyembuhan luka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Produksi zat prostaglandin membuat rahim berkontraksi yang memicu keinginan buang air besar. Kondisi semacam ini tidak dialami semua wanita. Efek dari zat prostaglandin berbeda-beda. Ada yang memicu buang air atau malah membuat seorang wanita merasa mual. Pada beberapa kasus bahkan seorang wanita bakal mengalami diare.

Wanita yang kerap mengalami keram saat menstruasi biasanya memiliki zat prostaglandin yang melimpah. Zat tersebut menyebabkan kontraksi di rahim semakin kuat yang berakibat nyeri di perut bagian bawah.

Selain prostaglandin, produksi hormon progesteron yang menurun saat menstruasi juga membuat seorang wanita ingin terus buang air besar. Progesteron merupakan hormon yang produksinya seiring siklus mentruasi wanita. Hal ini secara alami menyebabkan konstipasi sehingga seorang wanita bakal ingin buang air besar terus-menerus. Jadi, jangan heran jika seorang wanita yang sedang menstruasi sering berlama-lama di kamar mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya