SOLOPOS.COM - Setir mobil di Indonesia berada di kanan. (Wuling.id)

Solopos.com, SOLO — Posisi mengemudi ternyata tidak semuanya sama, karena di beberapa negara dunia ada yang setir kiri. Lantas kenapa mobil di Indonesia setir kanan? Ternyata begini ceritanya.

Karena posisi setir di kanan dan pengemudi di kanan, maka laju mobil berada di kiri. Hal ini dengan pertimbangan memudahkan pengemudi melihat kendaraan di depannya.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Namun posisi mengemudi tersebut, seperti dikutip dari Carmudi.co.id dan Otosia.com, tidak terlepas dengan sejarah mengemudi di Inggris.

Di mana jalur lalu lintas gerobak pertambangan milik Romawi di Swindon, Inggris membentuk pola lajur mengemudi di sebelah kiri. Hal ini berdasarkan bentuk amblesnya jalan yang dipakai mengangkut hasil tambang.

Kemudian para penunggang kuda yang umumnya menggunakan lajur kiri kiri jalan, karena saat menunggang kuda tali kekang dikendalikan dengan tangan kiri.

Baca juga: Benarkah Campur Bensin dengan Minyak Kayu Putih Bikin Irit

Sementara tangan kanan dimanfaatkan untuk melambai ketika berpapasan dengan penunggang kuda lainnya atau warga sekitar di jalan yang dilalui.

Tak hanya itu sebagian besar saat itu banyak yang membawa pedang, sehingga ketika menggunakan jalur kiri jalan mengindari benturan pedang yang dibawa.

Posisi ini pun diterapkan cara berkendara mobil di Inggris. Belanda sebenarnya juga demikian menggunakan kemudi di sebelah kanan.

Namun kemudian karena Belanda dikalahkan oleh Prancis, sejak itu cara mengemudi di negara tersebut berubah di kanan. Namun kenapa mobil di Indonesia setir kanan?

Baca juga: Daftar Mobil di GIIAS 2022, Cek Aja Langsung

Beberapa negara Asia termasuk juga Indonesia merupakan negara jajahan Inggris, sebelum Belanda masuk menjajah Indonesia.

Karena menjadi jajahan Inggris, maka jalur lalu lintasnya pun mengikuti Inggris. Sehingga kendaraan melaju di sisi kiri jalan dengan kemudi di kanan.

Jadi kenapa mobil di Indonesia setir kanan karena pernah menjadi jajahan Inggris. Kemudian ketika dijajah Belanda juga sama karena sebelum kalah dari Prancis juga menganut setir kanan.

Setelah itu Jepang masuk ke Indonesia sebelum kemerdekaan. Bahkan kini yang datang bukan pasukan namun mobil-mobil dari Jepang membanjiri pasar otomotif Indonesia dengan setir kanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya