SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengisi bensin atau BBM. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kenapa mesin mobil dimatikan saat isi bensin? Berikut ini penjelasannya.

Di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terpasang peringatan agar pengendara mematikan mesin saat melakukan pengisian bensin atau bahan bakar.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Peringatan ini dimaksudkan sebagai antisipasi keamanan dan keselamatan bersama. Dikutip Solopos.com dari laman Hondabanyuwangi.com, adanya aturan yang mengharuskan kondisi mesin mobil dalam keadaan mati saat melakukan pengisian bahan bakar dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Kebakaran ini sendiri bisa terjadi ketika ada proses pemindahan bahan bakar dari SPBU ke tangki mobil.

Kondisi mesin mobil yang masih menyala memperbesar potensi terjadinya kebakaran saat pengisian bahan bakar. Hal ini disebabkan oleh adanya uap BBM saat pengisian, oksigen, serta sumber api.

Beberapa faktor yang bisa menjadi sumber api antara lain suhu mesin yang panas, kelistrikan yang tidak sempurna, serta beberapa kondisi lain yang berhubungan dengan kinerja mesin.

Aliran listrik statis yang terjadi saat mesin mobil menyala juga menjadi alasan lain kenapa pengisian bahan bakar harus dalam kondisi mesin mati, dan hal ini juga bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran. Itulah alasan kenapa mesin mobil dimatikan saat isi bensin.

Ditambahkan dari laman Auto2000 yang memberikan penjelasan senada, semuanya berawal dari kehadiran bahan bakar minyak di SPBU yang akan berpindah ke tangki mobil. Proses pengisian tersebut sangatlah kritikal. Banyak potensi kecelakaan dan kebakaran yang bisa terjadi.

Salah satunya adalah dari mesin mobil yang menyala. Hal ini dikarenakan sebuah mesin mobil yang menyala sudah lengkap unsur terbentuknya api (segitiga api). Dengan demikian sangat besar potensi kecelakaan atau kebakaran saat pengisian dengan membiarkan mesin mobil saat isi bensin menyala.

Yang dimaksud segitiga api sendiri adalah uap BBM saat pengisian, oksigen, dan sumber api. Dalam kondisi tersebut yang menjadi sumber api adalah panas mesin, kelistrikan yang tidak sempurna, busi atau pengapian mesin, dan lain hal lainnya dari kerja mesin.

Jadi mulai dari sekarang. pastikan saat Anda mengisi bensin biasakan mematikan mesin mobil. Hal ini berlaku untuk seluruh model mobil, baik SUV, MPV, sedan, hatchback, dan double cabin. Tak terkecuali mobil dengan mesin bensin maupun diesel, mesin mobil wajib dimatikan saat isi bensin atau BBM lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya